Strategi Pemasaran Melon Varietas Taj Mahal Di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Cahyani, Sonia Allifiya Nur (2025) Strategi Pemasaran Melon Varietas Taj Mahal Di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (161kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (315kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (167kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan merupakan salah satu unit pelaksana teknis di bidang pelatihan pertanian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian. BBPP Ketindan memiliki kesesuaian dengan bidang ilmu Manajemen Agribisnis, sehingga menjadi tempat yang ideal untuk kegiatan magang bagi mahasiswa. BBPP Ketindan saat ini menjalankan proyek "Enhancing Millennial Farmers Income By Adopting K-SMART Farm Technologies in Indonesia" yang merupakan kerja sama antara Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan Pemerintahan Korea Selatan. Proyek ini telah berjalan sejak tahun 2022 dan mencakup budidaya beberapa jenis tanaman salah satunya yaitu tanaman melon varietas Taj Mahal di Smart Green house (SGH). Melon varietas Taj Mahal memiliki karakter khas seperti rasa manis, tekstur daging buah yang lembut dan juicy, warna kulit yang menarik, bentuk buah yang bulat atau oval, serta kualitas yang tinggi. Menurut Nathadiharja dkk (2024), strategi pemasaran adalah proses terintegritasi yang melibatkan analisis, perencanaan, dan implementasi tindakan yang diperlukan untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dalam pasar. Dalam strategi pemasaran, analisis SWOT digunakan untuk memahami posisi pasar dan mengembangkan strategi yang efektif dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness), sedangkan faktor eksternal meliputi peluang (opportunity) dan ancaman (threat). Metode pengumpulan data primer yang digunakan yaitu memberi beberapa pertanyaan dan kuesioner Berdasarkan observasi pendahuluan dan analisis performa dapat dirumuskan faktor internal dan eksternal strategi pemasaran melon varietas Taj Mahal di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan. dan berdasarkan data posisi pemasaran melon varietas Taj Mahal berada pada posisi kuadran II. Kuadran II (positif, negatif). Menurut, kuadran II posisi ini menandakan sebuah organisasi yang kuat namun menghadapi tantangan yang besar. Rekomendasi strategi yang diberikan yaitu diversifikasi strategi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidyatami, Linda EkadewiNIDN0008038404
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, Melon
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Sonia Allifiya Nur Cahyani
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:33
Last Modified: 11 Jul 2025 07:46
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43509

Actions (login required)

View Item View Item