Abimanyu, Arizal Yollan Ananta (2025) Analisis Usaha Abon Ampas Tahu di Desa Biting Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (179kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (183kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (183kB) |
![]() |
Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN LENGKAP.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Usaha abon ampas tahu merupakan usaha yang bergerak dibidang makanan dengan menggunakan ampas tahu sebagai bahan utama, dan ditambahkan rempah-rempah sebagai bahan tambahan untuk menambah cita rasa abon ampas tahu. Tugas akhir ini di buat dengan tujuan yaitu, dapat melakukan proses produksi, dapat melakukan analisis usaha dan dapat menerapkan bauran pemasaran. Pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan selama 5 bulan dimulai dari tanggal 26 Juni sampai 13 November 2024. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Metode analisis usaha yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah Break event Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio). Return On Invesment (ROI). Alur proses produksi yang dilakukan melewati tahapan yaitu persiapan alat dan bahan, pemerasan ampas tahu, pembuatan bumbu, penggorengan, pengemasan, penimbangan, dan pelabelan. Proses produksi dilakukan selama 5 kali, setiap satu kali proses produksi menghasilkan 20 kemasan abon ampas tahu dengan berat 200 gram/kemasan, di kemas dalam standing pouch dan menghasilkan laba sebesar Rp 34.149, BEP (produksi) sebanyak 16,585, kemasan dengan total produksi 20 kemasan, BEP (harga) sebesar Rp 8.292/ kemasan dengan harga jual sebesar Rp 10.000,-. R/C ratio senilai 1,20 dan ROI senilai 5%. Berdasarkan hasil analisis usaha tersebut produk abon ampas tahu dapat dikatakan menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Bauran pemasaran yang digunakan yaitu bauran pemasaran langsung dan bauran pemasaran tidak langsung. Promosi yang digunakan adalah personal selling, sales promotion, dan menggunakan media sosial seperti instrgram dan whatsap
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Abon Ampas Tahu. | ||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL | ||||||
Depositing User: | Arizal Yollan Ananta Abimanyu | ||||||
Date Deposited: | 09 May 2025 03:42 | ||||||
Last Modified: | 09 May 2025 03:42 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/41011 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |