Agustin, Elsa/Surya (2025) Menggali Sentimen Pengguna Aplikasi Shopee Pada Google Playstore Dengan Naive Bayes : Landasan Untuk Peningkatan Layanan Aplikasi Shopee. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (123kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (154kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (161kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN TUGAS AKHIR RUANG BACA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Shopee adalah perusahaan e-commerce yang didirikan pada tahun 2015. Indonesia menjadi negara dengan jumlah kunjungan Shopee tertinggi, dengan rata-rata 124,9 juta kunjungan bulanan pada tahun 2023. Pengguna Shopee sering memberikan ulasan dan penilaian di Google Playstore, yang menunjukkan pengalaman mereka dengan aplikasi tersebut. Namun, jumlah ulasan yang meningkat membuat sulit bagi perusahaan untuk memahami semua komentar pengguna. Oleh karena itu, analisis sentimen ulasan pengguna terhadap aplikasi Shopee sangat penting karena akan membantu perusahaan mengetahui cara meningkatkan layanan dan produk. Metode yang digunakan dalam analisis sentimen ini menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan sentimen pengguna terhadap aplikasi Shopee, menampilkan hasil analisis sentimen melalui visualisasi data yang menarik dan interaktif, dan memberikan saran pada Shopee untuk meningkatkan kualitas layanan. Sehingga, dapat membantu tim pengembang Shopee untuk memahami sentimen pengguna, memberikan data sentimen yang terorganisir dan divisualisasikan dengan baik sehingga memudahkan pengambilan keputusan, dan mempermudah interpretasi dan pemahaman data melalui visualisasi yang lebih mudah dipahami. Dengan penelitian ini, Shopee diharapkan dapat menangani keluhan dan kebutuhan pengguna dengan lebih baik. Ini akan membantu Shopee untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Shopee,Analisis Sentimen, Naive Bayes, Google Playstore | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 459 - Ilmu Komputer 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi |
||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > PKL | ||||||
Depositing User: | Elsa Surya Agustin | ||||||
Date Deposited: | 09 May 2025 02:40 | ||||||
Last Modified: | 09 May 2025 02:41 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40787 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |