Kajian Perbandingan Pemanis High Fructose Syrup (HFS) Dan Sukrosa Terhadap Sifat Fisikokimia Dan Organoleptik Sirup Markisa (Passiflora edulis var. flavicarpa)

Tina, Kris (2024) Kajian Perbandingan Pemanis High Fructose Syrup (HFS) Dan Sukrosa Terhadap Sifat Fisikokimia Dan Organoleptik Sirup Markisa (Passiflora edulis var. flavicarpa). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (29kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (84kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (111kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Buah markisa pada umumnya dikonsumsi oleh masyarakat hanya dalam bentuk segar sehingga banyak buah yang terbuang pada saat musim buah karena masyarakat belum memanfaatkan buah markisa secara optimal. Salah satu upaya untuk mempertahankan mutu dan memperpanjang umur simpan buah markisa dengan mengolah menjadi sirup. Sirup adalah minuman ringan berupa larutan kental dengan citarasa beraneka ragam, biasanya mempunyai kandungan gula minimal 65%. Pembuatan sirup pada umumnya menggunakan gula pasir atau gula sukrosa. Pada penelitian ini dalam pembuatan sirup menggunakan pemanis High Fructose Syrup (HFS) dan Sukrosa, High Frucose Syrup (HFS) dapat menjadi alternatif pemanis pada pembuatan sirup karena tingkat kemanisan lebih tinggi dari sukrosa, mudah diaplikasikan pada makanan dan minuman dan sangat cocok pada sirup buah karena manisnya berasal dari gula buah dan memiliki indeks glikemik rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan pemanis High Fructose Syrup (HFS) dan Sukrosa terhadap sifat fiskokimia, organoleptik dan perlakuan terbaik pada produk sirup markisa yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) 1 faktor yaitu perlakuan yang diberikan P = (Sukrosa : HFS) yaitu pemanis yang diberikan yaitu P0 = (100%:0%); P1 = (80%:20%); P2 = (60%:40%); P3 = (40%:60%); P4 = (20%:80%) dengan 3 kali ulangan pada setiap perlakuan. Data dianalisis mengunakan SPSS versi 22 dengan analisa sidik ragam (ANOVA) kemudian dilakukan uji lanjut BNJ taraf 5%. Hasil penelitian sirup buah markisa dengan penggunaan pemanis High Fructose Syrup (HFS) dan Sukrosa memberikan pengaruh berbeda sangat nyata terhadap viskositas, kadar gula pereduksi, mutu hedonik terhadap parameter warna, aroma, kekentalan, serta uji hedonik pada parameter warna dan kekentalan. Memberikan pengaruh berbeda nyata terhadap total padatan terlarut dan mutu hedonik rasa. Namun tidak memberikan pengaruh nyata terhadap kadar vitamin C, pH, serta uji hedonik pada parameter aroma dan rasa. Hasil menunjukkan bahwa perlakuan P0 (Sukrosa 100%) merupakan perlakuan terbaik terhadap total padatan terlarut, viskositas, dan kadar gula pereduksi, hedonik (warna, aroma) serta mutu hedonik (warna, aroma, rasa, dan kekentalan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBakri, AbiNIDN0012126209
Uncontrolled Keywords: High Fructose Syrup (HFS), Sukrosa, Markisa
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 165 - Teknologi Pangan dan Gizi
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Kristina Kristina
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:19
Last Modified: 05 Aug 2024 02:19
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35992

Actions (login required)

View Item View Item