Perintisan Usaha Produk Olahan Kopi Robusta Di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember: Produksi Peaberry Coffee Varian Jelly

Lestari, Sinta Dwi (2023) Perintisan Usaha Produk Olahan Kopi Robusta Di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember: Produksi Peaberry Coffee Varian Jelly. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (103kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (160kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (98kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penulis melakukan kegiatan magang di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember yang bergerak dalam bidang Perkebunan dan produksi Pertanian. Hal tersebut sesuai dengan program studi penulis yaitu di bidang Ilmu Teknologi Industri Pangan. Perumda Perkebunan Kahyangan Jember tidak hanya menanam kopi melainkan juga menanam pohon karet dan cengkeh. Perumda Perkebunan Kahyangan Jember memiliki 5 kebun, 3 kebun Induk dan 2 kebun Bagian. Diantaranya yaitu Kebun Gunung pasang, Kebun Kalimrawan, Kebun Sumber Wadung, Kebun Sumber Tenggulun dan kebun Sumberpandan. Proyek yang dilakukan mahasiswa selama magang adalah “Penyusunan Laporan Magang mengenai Perintisan Usaha Produk Olahan Kopi Robusta di Perumda Perkebunan Kahyangan Jember: Produksi Peaberry Coffee Varian Jelly”. Produk ini diciptakan karena tidak adanya inovasi dari produk kopi bubuk lanang yang diproduksi oleh Perumda Perkebunan Kahyangan Jember. Sedangkan tujuan dari proyek ini untuk menciptakan produk inovasi baru yang memiliki kualitas yang tinggi. Manfaat yang didapat dari proyek ini yaitu untuk mengembangkan kemampuan wirausaha bagi setiap mahasiswa dalam menciptakan produk inovasi dari kopi lanang. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Wirausaha Merdeka merupakan salah satu program pemerintah terutama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, program ini memberikan penawaran, pengalaman serta pembekalan khususnya bagi para mahasiswa yang kedepannya nanti akan menjadi seorang wirausahawan. Perusahaan umum daerah (Perumda) Perkebunan Kahyangan Jember merupakan Badan Usaha Milik daerah (BUMD) yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Jember bergerak dalam bidang perkebunan. Perusahaan Daerah Perkebunan Kahyangan Jember merupakan salah satu perusahaan daerah yang menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Jember. Peaberry Coffee varian Jelly merupakan salah satu inovasi olahan produk kopi susu siap minum yang memiliki cita rasa yang khas dominan kopi dan berbahan baku kopi jenis kopi Robusta. Nama Peaberry Coffee berasal dari nama latin yang memiliki arti atau kopi lanang yang merupakan salah satu jenis kopi yang memiliki kelainan genetik saat pembuahan, dimana biji memiliki keping satu atau monokotil sehingga memiliki rasa yang lebih kuat dan pahit dibandingkan kopi lain pada umumnya. Proses pembuatannya dilakukan sesuai tahapan sebagai berikut: penimbangan bahan, pencampuran bahan kering, perebusan air, penyaringan, pencampuran bahan basah, sterilisasi dan pengemasan. Kegiatan pemasaran untuk produk Peaberry Coffee varian jelly dilakukan secara online dan offline. Adapun media promosi yang digunakan diantaranya WhatsApp dan akun Instagram. Kemudian, untuk pemasaran secara offline dilakukan dengan membuka stand dalam beberapa kegiatan seperti acara Car Free Day. Adapun HPP Peaberry Coffee varian jelly adalah Rp.7.784 penjual mengambil keuntungan 50% dengan harga jual per unit Rp. 12.500 dengan keuntungan yang didapat sebesar Rp. 4.716.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBrilliantina, AuliaNIP198409102019032012
Uncontrolled Keywords: Coffee, Jelly, Wirausaha
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > PKL
Depositing User: Sinta Dwi Lestari
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:54
Last Modified: 24 Jul 2024 02:55
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34869

Actions (login required)

View Item View Item