Hani, Adisyah Nurfadilah (2024) Manajemen Pemasaran Tomat Cherry K-SMART Farm di BBPP Ketindan,. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (136kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (159kB) |
|
Text (Full Text)
D31211825_Laporan Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (124kB) |
Abstract
Balai Besar Pelatihan (BBPP) Ketindan Lawang merupakan salah satu instansi yang bergerak di bidang pertanian. Unit Pelaksana Teknis (UPT) ini yang berada di bawah Pusat Penyuluhan Pertanian (Puslatan) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian RI. BBPP Ketindan mempunyai tugas pokok melaksanakan dan mengembangkan pelatihan teknis, fungsional dan kewirausahaan di bidang pertanian bagi aparatur dan non aparatur pertanian. BBPP Ketindan saat ini sedang menjalankan suatu proyek “Enhanching Milenial Farmers Income by Adopting K-SMART Farm Technologies in Indonesia” yang dimulai sejak tahun 2022 hingga sekarang. Proyek ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pertanian Republik Indonesia dengan Pemerintah Korea Selatan. Tanaman yang dibudidayakan dalam greenhouse antara lain tomat, stroberi dan melon. Selain kegiatan budidaya, aktifitas yang dilakukan di SGH adalah pemasaran produk. Pemasaran sangat penting dilakukan sebagai sarana pengenalan produk dan meningkatkan pendapatan. Agar kegiatan pemasaran dapat berjalan dengan baik maka harus dikelola/dimanaje dengan tepat mulai dari perencanaan pasar, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian aktivitas yang terkait dengan pertukaran barang atau jasa antara produsen dan konsumen (Fauzi. Y 2015). Hal ini melibatkan penetapan harga, promosi, distribusi dan pengembangan strategi untuk mencapai tujuan bisnis yang berkaitan dengan pemasaran produk. Salah satu produk unggulan yang dikembangkan K-SMART Farm BBPP Ketindan adalah tomat cherry. Produk premium ini memiliki nilai ekonomis dan banyak diminati masyarakat khususnya di rumah makan dan retail modern yang sudah dikembangkan di K-SMART Farm BBPP Ketindan.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pemasaran Tomat Cherry K-SMART Farm di BBPP Ketindan | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL | ||||||
Depositing User: | ADISYAH NURFADILAH HANI | ||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 05:06 | ||||||
Last Modified: | 22 Jul 2024 05:06 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34689 |
Actions (login required)
View Item |