Anggraeni, Dita Dwi (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android Menggunakan Metode Waterfall. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (182kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (192kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (295kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Akhir.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android Menggunakan Metode Waterfall, Dita Dwi Anggraeni, NIM E31211988, Tahun 2024, Halaman, Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Jember, Ely Mulyadi S.Kom., M.T (Pembimbing). Kemajuan teknologi Android dan popularitas perangkat berbasis Android membuka peluang besar untuk meningkatkan aksesibilitas pembelajaran bahasa Inggris, terutama bagi anak-anak TK. Sebagian besar orang tua dan anak-anak kini memiliki akses ke ponsel pintar atau tablet. Media pembelajaran berbasis Android dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi anak-anak dalam belajar dengan menghadirkan tugas dan tantangan menarik, sistem poin, penghargaan, dan level yang memacu kompetisi sehat. Penggunaan media ini membantu anak-anak mengembangkan keterampilan bahasa seperti kosakata, pengucapan, tata bahasa, dan mendengarkan melalui materi yang lebih visual dan interaktif dengan gambar, suara, dan animasi. Pendekatan ini terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Bahasa Inggris penting untuk dikuasai sejak dini guna membangun dasar komunikasi yang kuat. Namun, metode pengajaran yang monoton dapat mengurangi minat belajar. Tantangan seperti keterbatasan waktu, kurikulum padat, dan konsentrasi rendah dapat diatasi dengan game edukasi berbasis Android, yang memanfaatkan ketertarikan anak-anak pada teknologi dan permainan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran bahasa Inggris dasar berbasis Android untuk anak TK. Media ini dirancang untuk membantu proses pembelajaran melalui permainan yang melibatkan rintangan dan soal bahasa Inggris dengan gambar yang menarik. Penelitian juga bertujuan mengetahui dampak penggunaan media ini dalam pengenalan bahasa Inggris dengan variasi gambar yang menarik.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | waterfall,android,sistempembelajaran,laravel,flutter,bahasa inggris | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 459 - Ilmu Komputer 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 463 - Teknik Perangkat Lunak |
||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Dita Dwi Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 07:08 | ||||||
Last Modified: | 22 Jul 2024 07:09 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34615 |
Actions (login required)
View Item |