Analisis Usaha Pengemasan Beras Organik Di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang

Abdiel Almas, Gossy (2024) Analisis Usaha Pengemasan Beras Organik Di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN LAPORAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (116kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Analisis Usaha Pengemasan Beras Organik di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Gossy Abdiel Almas, NIM D31210079, Tahun 2023, halaman, Manajemen Agribisnis, Politeknik Negeri Jember, Rizal Perlambang CNAWP, SE, MP., selaku Dosen Pembimbing. Organik sebenarnya mengacu pada proses pembudidayaan beras. Saat menanam beras organik, sama sekali tidak digunakan bahan kimia baik itu dalam bentuk pupuk atau pestisida untuk menghalau serangga. Proses semacam ini menuntut kesabaran lebih dari para petani, sebab sangat sulit menjaga kualitas beras yang tidak diberi pupuk kimia. Pupuk kompos adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan atau sisa makanan yang sudah dilarutkan ke dalam tanah. Analisis Usaha Pengemasan Beras Organik di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang mulai 1 Mei 2023 sampai 30 November 2023. Proses Pengemasan Beras Organik dilakukan 5 kali dalam sebulan dengan jumlah kemasan 5kg. Tujuan tugas akhir ini adalah dapat melakukan proses pengemasan beras organik, dapat melakukan analisis usaha beras organik, dapat melakukan proses pengemasan beras organik. Proses pengemasan beras organik dimulai dengan persiapan alat dan bahan, memasukkan beras, menakar beras, menjahit karung beras, dan pengecekan kemasan produk. Usaha beras organik menguntungkan dan layak diusahakan serta dikembangkan, titik pemasaran produk ini menggunakan saluran pemasaran secara langsung kepada konsumen. Metode analisis yang digunakan BEP, R/C Ratip, ROI. BEP produksi sebesar 9,41 kemasan dengan total porduksi 10 kemasan dan BEP harga Rp. 70.628,33/kemasan dengan harga jual Rp 75.000 per kemasan. Analisis R/C Ratio sebesar 1,06 dan ROI diperoleh nilai sebesar 2,04%. Hasil perhitungan analisi usaha yang dilakukan dapat disimpulkan usaha beras organik di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang dapat dikatakan layak untuk dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCnawp, Rizal ParlembangNIDN0016067307
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Beras Organik, Pengemasan
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 164 - Mekanisasi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Gossy Abdiel Almas
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:02
Last Modified: 16 Jul 2024 08:03
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/34220

Actions (login required)

View Item View Item