Proses Analisa Pendahuluan Untuk Menentukann Kemasakan Tebu (Saccharum officinarum L.) di PT. Sinergi Gula Nusantara PG. Prajekan Bondowoso

Siwi, Kalista Hayu Margi Siwi (2024) Proses Analisa Pendahuluan Untuk Menentukann Kemasakan Tebu (Saccharum officinarum L.) di PT. Sinergi Gula Nusantara PG. Prajekan Bondowoso. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (185kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (189kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (182kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) merupakan kegiatan yang wajib untuk dilakukan mahasiswa D3 dalam jenjang perkuliahan pada semester 6. Politeknik Negeri Jember megadakan kegiatan magang dalam rancangan kegiatan pendidikan akademiknya, dimana waktu magang yang dilakukan oleh mahasiswa kurang lebih 4 bulan. Kegiatan magang selain menjadi persyaratan kelulusan juga mahasiswa mendapat bekal sebuah pengalaman serta keterampilan khusus yang didapat dalam dunia industri perkebunan yang sesuai dengan bidang keahlianya masing-masing. Dalam proses pelaksanaan magang, mahasiswa dapat mengkorelasikan ilmu yang diperoleh diperkuliahan dan ilmu yang diperoleh dari lapang dengan mengimplementasikan pada kegiatan magang yang dilaksanakan. Perusahaan yang menjadi tempat untuk melaksanakan magang yaitu di PT. Sinergi Gula Nusantara, PG. Prajekan Bondowoso, Jawa Timur. Pabrik Gula Prajekan atau yang biasa disebut PG. Prajekan merupakan salah satu perusahaan yang mengolah tebu menjadi gula pasir dan berdiri di bawah naungan PT. Sinergi Gula Nusantara. Pabrik yang mulai beroperasi sejak zaman Belanda ini berusaha memenuhi kebutuhan akan produksi gula dengan kualitas baik setiap tahunnya. Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku tebu, Pabrik Gula Pradjekan melakukan sebuah hubungan kemitraan dengan petani. Rendemen tebu memiliki arti penting untuk produksi gula yang dihasilkan. Rendemen merupakan kadar kandungan gula yang terdapat pada batang tebu, semakin tinggi rendemen yang dihasilkan maka produksi gula yang dihasilkan juga akan semakin tinggi. Sebelum melakukan proses penebangan tebu yang sudah layak panen, terdapat kegiatan yang perlu dilakukan untuk mengetahui hasil kemasakan tebu. Kegiatan yang dilakukan sebelum penebangan adalah analisa pendahuluan. Analisa pendahuluan dilakukan dengan pengambilan sampel batang tebu sesuai dengan petah wilayah yang ditentukan. Tujuan analisa pendahuluan yaitu untuk mengetahui kemasakan tebu serta penentuan masa tebang tebu (masa giling).

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHarlianingtyas, IrmaNIDN0002069104
Subjects: 100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 110 - Ilmu IPA > 112 - Kimia
100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 110 - Ilmu IPA > 113 - Biologi
100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 120 - Matematika > 121 - Matematika
100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 120 - Matematika > 122 - Statistik
100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 120 - Matematika > 123 - Ilmu Komputer
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Kalista Hayu Margi Siwi
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:18
Last Modified: 05 Jul 2024 01:19
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/33543

Actions (login required)

View Item View Item