Pelaksanaan Prosedur Administrasi Somasi Customer Departemen Legal PT Ciomas Adisatwa Unit Krian

Febrian, Salsa Amalia Ella (2024) Pelaksanaan Prosedur Administrasi Somasi Customer Departemen Legal PT Ciomas Adisatwa Unit Krian. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (68kB)
[img] Text (Bab 1 Penahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (113kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFPUS.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (83kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT Ciomas Adisatwa Unit Krian merupakan HO (Head Office)atau kantor pusat yang berwenang dan memiliki tugas penuh untuk memberikan peringatan berupa surat teguran atau somasi kepada customer dari setiap unit yang ada untuk mengembalikan hutang sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati. Somasi atau surat teguran mempunyai fungsi untuk menetapkan debitur berada dalam keadaan lalai. Somasi atau surat teguran ini diterbitkan atas dasar pembelian daging ayam secara kredit yang dilakukan oleh customer. Pelaksanaan Prosedur Administrasi Somasi Customer Departemen Legal PT Ciomas Adisatwa Unit Krian diantaranya yaitu pengkoordinasian dengan antar departemen diantaranya departemen marketing dan departemen FNA, permintaan berkas dan pengecekan kelengkapan berkas, penerbitan dan pengiriman somasi, pengarsipan dan penginputan sampai dengan pelaporan. Permasalahan yang dihadapi diantaranya faktor man (manusia) yaitu kurang ketelitian pada saat melakukan input dan update data somasi serta kurangnya anggota staaf. Faktor matherial (material) diantaranya berkas yang dikirim kurang lengkap. Pada faktor machine (mesin) yaitu komputer atau PC yang sering error pada saat digunakan. Adapun solusi yang dapat diberikan yaitu dengan meningkatkan ketelitian dan menambah anggota staf terutama yang memiliki riwayat pendidikan hukum. Selain itu solusi lainnya yaitu melakukan follow up kepada tiap departemen marketing dan departemen FNA setiap unit. Untuk solusi lain yang dapat diberikan yaitu dengan cara melakukan update sistem agar sistem merespon dan komputer tidak mengalami error atau blank pada saat digunakan agar tidak menghambat pekerjaan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurniawati, DewiNIDN0013017904
Uncontrolled Keywords: Somasi
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Salsa Amalia Ella F
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:31
Last Modified: 07 Jun 2024 03:32
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32668

Actions (login required)

View Item View Item