Proses Asuhan Gizi Terstandar Pada Pasien Dewasa Penderita Ca Mammae, Monoparesis, Dan Diabetes Mellitus Tipe 2 Di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Azranofrizal, Dika Samudera (2022) Proses Asuhan Gizi Terstandar Pada Pasien Dewasa Penderita Ca Mammae, Monoparesis, Dan Diabetes Mellitus Tipe 2 Di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (153kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (56kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
PKL MAGK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan PKL Manajemen Asuhan Gizi Klinik (MAGK) ini dilakukan selama 2 bulan dimulai pada bulan November 2022 sampai bulan Januari 2022 pada pasien lansia di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Tujuan pelaksanaan magang ini yaitu memberikan asuhan gizi sesuai dengan diet pada pasien, memberikan menu diet yang tepat untuk pasien, memantau fisik klinis, biokimia dan asupan makan pasien. Ca Mammae atau kanker payudara merupakan kanker pada jaringan payudara yang timbul akibat pertumbuhan yang tidak normal sejumlah sel di payudara secara tidak terkendali (Sandhi dkk, 2018). Diabetes mellitus tipe 2 (DM tipe 2) merupakan penyakit gangguan metabolik yang ditandai dengan kenaikan kadar gula darah akibat penurunan sekresi insulin oleh sel beta pankreas dan atau fungsi insulin (resistensi insulin). Berdasarkan proses asuhan gizi terstandar yang diterapkan pada pasien, Hasil skrining gizi menggunakan MUST menunujukkan bahwa pasien beresiko tinggi mengalami malnutrisi. Hasil assessement gizi menunjukkan status gizi pasien normal berdasarkan IMT (WHO Expert, 2004). Asupan makan pasien inadekuat (<80%) berdasarkan hasil recall 24 jam; fisik/klinis menunjukkan pasien dalam keadaan sadar, diare, lemas, mual muntah, tekanan darah prehipertensi, nafas normal, nadi cepat, dan suhu normal. Tekanan darah prehipertensi berkaitan dengan DM tipe 2 pada pasien; hasil pemeriksaan biokmia menunjukkan Glukosa sewaktu pasien tinggi berkaitan dengan DM Tipe 2, serta Natrium dan Klorida rendah berkaitan dengan diare pada pasien. Intervensi gizi yang diberikan adalah meningkatkan asupan makan pasien ≥80% kebutuhan sesuai kemampuan dengan tetap menjaga kadar glukosa pasien mendekati normal. Pasien dIberikan edukasi gizi pentingnya asupan makan pasien serta diet yang dijalani.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPurnasari, GalihNIDN0016038905
Uncontrolled Keywords: Manajemen Asuhan Gizi Klinik
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > PKL
Depositing User: Dika Samudera Azranofrizal
Date Deposited: 16 Apr 2024 09:35
Last Modified: 16 Apr 2024 09:35
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31624

Actions (login required)

View Item View Item