Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja Pada Instalasi Gizi Dengan Metode Workload Indicator Of Staffing Needs (WISN) Di RSD Kalisat Jember

Al ‘Aadil, Muhammad Mushlih (2023) Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja Pada Instalasi Gizi Dengan Metode Workload Indicator Of Staffing Needs (WISN) Di RSD Kalisat Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (ABSTRACT)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (57kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (151kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) menjadi penentu utama keberhasilan pengembangan sistem kesehatan suatu negara. Pentingnya pengelolaan SDMK yang efektif dan efisien di rumah sakit menopang keberhasilan pelayanan kesehatan. Metode Workload Indicator of Staffing Needs (WISN) merupakan pendekatan objektif dan terpercaya yang umumnya digunakan untuk mengukur kebutuhan SDMK. Penelitian ini fokus pada evaluasi kebutuhan tenaga kerja di Instalasi Gizi Rumah Sakit Daerah (RSD) Kalisat Jember dengan menggunakan Metode WISN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan tenaga kerja pada instalasi gizi dengan Metode WISN di RSD Kalisat Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian mix method semikualitatif dengan model case study dan document study. Penelitian ini dilakukan pada staf Instalasi Gizi di RSD Kalisat Jember, terdiri dari Kepala Instalasi Gizi, Nutrisionis Penyelia, Nutrisionis Ahli Pertama, Nutrisionis Terampil, Pramusaji dan Juru Masak. Pengumpulan data pada penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap setiap staf. Data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk menghitung dan menganalisis kebutuhan tenaga kerja menggunakan Metode WISN. Hasil perhitungan WISN menunjukkan kebutuhan staf pada tiap jabatan adalah Kepala Instalasi Gizi membutuhkan 1 orang, Nutrisionis Penyelia membutuhkan 1 orang, Nutrisionis Ahli Pertama membutuhkan 4 orang, Nutrisionis Terampil membutuhkan 3 orang, Juru Masak membutuhkan 4 orang dan Pramusaji membutuhkan 3 orang. Hasil perhitungan menggunakan WISN sudah sesuai dengan staf yang ada di Instalasi Gizi RSD Kalisat Jember, kecuali untuk jabatan Nutrisionis Ahli Pertama. Berdasarkan perhitungan, kebutuhan SDM untuk jabatan Nutrisionis Ahli Pertama seharusnya 4 orang, sementara personel saat ini hanya 3 orang. Dengan demikian, disimpulkan perlunya penambahan 1 staf pada jabatan Nutisionis Ahli Pertama. Sedangkan untuk jabatan lainnya tidak membutuhkan penambahan staf.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIqbal, MuhammadNIDN0724018901
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kerja Gizi, Rumah Sakit, Workload Indicator of Staffing Needs, WISN
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Mushlih Al 'Aadil
Date Deposited: 27 Mar 2024 01:26
Last Modified: 27 Mar 2024 01:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31122

Actions (login required)

View Item View Item