Asuhan Gizi Pasien Rawat Inap Dengan Diagnosa Penyakit Diabetes Mellitus Hhf DD Pneumonia CAD SND Di Ruang ICU Central RSUD Jombang

Qoriah, Vebbia Ainur (2022) Asuhan Gizi Pasien Rawat Inap Dengan Diagnosa Penyakit Diabetes Mellitus Hhf DD Pneumonia CAD SND Di Ruang ICU Central RSUD Jombang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (129kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (125kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
Vebbia Ainur Qoriah_G42192268_Laporan PKL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Asuhan Gizi adalah metode untuk menangani problem gizi sehingga dapat memberikan solusi pada pasien dengan cara pengkajian gizi (Assessement), Diagnosis gizi, Intervensi gizi, Monitoring dan evaluasi gizi dengan proses terstandart dengan tujuan mengembalikan status gizi pasien agar kembali normal secara keseluruhan. Asuhan gizi berbeda-beda untuk setiap penyakit yang berbeda, contoh asuhan gizi yang perlu dilakukan adalah pada pasien Diabetes Mellitus dengan pneumonia. Tujuan penatalaksanaan diet pada pasien diabetes dan pneumonia adalah untuk memenuhi asupan zat gizi pasien sesuai kebutuhan pasien dengan memperhatikan kemampuan pasien, terutama pada pasien dengan keadaan yang memburuk sehingga perlu dirawat di ICU. Pasien membutuhkan penatalaksanaan ekstra baik dari segi medis ataupun dari gizi untuk menunjang kesembuhan pasien. Untuk itu, perlu dilakukan penyusunan asuhan gizi terstandart untuk membantu mempercepat penyembuhan pasien dalam aspek gizi dan asupan melalui terapi diet dengan pemberian diet DM KV dengan bentuk makanan sesuai dengan kemampuan pasien. Diagnosis medis pasien adalah Diabetes Mellitus Hhf DD Pneumonia CAD SND, berdasarkan hasil skrining dewasa dengan form skrining MST Pasien berusia 61 tahun dan memiliki status gizi baik. Dan saat skrining didapatkan hasil skor 0. Intervensi diet yang diberikan adalah diet DM KV 1900kkal, dengan frekuensi 3x makan utama dan 2x selingan dengan bentuk makanan bertahap. Hasil monitoring dan evaluasi menunjukkan bahwa asupan makan pasien dari hari ke hari mengalami peningkatan dikarenakan kondisi pasien yang mulai membaik dan adanya peningkatan nafsu makan pada pasien.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYulianti, AdhiningsihNIDN0023078304
Uncontrolled Keywords: Asuhan Gizi, Diabetes Mellitus
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > PKL
Depositing User: Vebbia Ainur Qoriah
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:06
Last Modified: 27 Mar 2024 02:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31118

Actions (login required)

View Item View Item