Strategi Pengembangan Peternakan Sapi Perah UD. Saputra Jaya Menggunakan Metode Business Model Canvas

Rizqi, Nanda Miftahur (2024) Strategi Pengembangan Peternakan Sapi Perah UD. Saputra Jaya Menggunakan Metode Business Model Canvas. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (15kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (242kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan suatu usaha merupakan tanggung jawab setiap pengusaha yang membutuhkan inovasi, motivasi, dan pandangan ke depan. Usaha peternakan sapi perah merupakan salah satu kegiatan bisnis dalam sektor peternakan yang memiliki potensi salah satu bisnis peternakan yang memiliki potensi untuk terus berkembang. Pengembangan peternakan sapi perah sangat penting untuk memenuhi kebutuhan manusia terutama susu, yang terus meningkat seiring dengan pertumbuhan populasi, pendapatan per kapita, dan taraf hidup. Dengan menggunakan metode Business Model Canvas, tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pengembangan peternakan sapi perah UD. Saputra Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode purposive digunakan untuk menemukan lokasi. Jumlah informan sebanyak 5 orang yang berwenang di UD. Saputra Jaya. Hasil analisis Sembilan komponen BMC pada UD. Saputra Jaya setelah perubahan, antara lain key partner yaitu penambahan kemitraan dengan peternak kecamatan brangkal. key activities yaitu pembuatan pupuk kompos dari limbah feses sapi. Value proposition yaitu memberi edukasi kepada peternak yang mempengaruhi kualitas. Customer relationship yaitu penambahan sdm berkualitas di bidang it sebagai pengelola aplikasi promosi. Customer segment yaitu tidak terdapat penambahan. Key resource yaitu pembuatan pabrik pakan baru. elemen channels yaitu melalui akun sosial media instagram dan facebook. Cost structure yaitu biaya pembangunan untuk pembangunan pabrik pakan baru. Revenue streams yaitu pengolahan pupuk kompos dan pembuatan pabrik pakan baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHasanah, NiswatinNIDN0007099301
Uncontrolled Keywords: Business Model Canvas, Peternakan, Sapi Perah, Strategi Pengembangan
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Nanda Miftahur Rizqi
Date Deposited: 27 Mar 2024 01:20
Last Modified: 27 Mar 2024 01:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31110

Actions (login required)

View Item View Item