Implementasi Sistem Pencatatan dan Ketertelusuran (Traceability) Produk Jadi Dalam Rantai Proses Produksi di PT. Sarana Tani Pratama

Berliana, Jihan Nisrinah (2023) Implementasi Sistem Pencatatan dan Ketertelusuran (Traceability) Produk Jadi Dalam Rantai Proses Produksi di PT. Sarana Tani Pratama. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (253kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (234kB)
[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (259kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT. Sarana Tani Pratama merupakan industri yang bergerak dalam bidang pengalengan ikan sarden. Permasalahan yang melatar belakangi penulisan laporan ini yakni berkaitan dengan mutu dan keamanan produk yang dihasilkan dari rantai proses produksinya. Dengan ini, maka sistem traceability penting untuk dapat dilakukan dan diterapkan di Perusahaan. Adapun tujuan ditulisnya laporan ini adalah untuk mengetahui sistem pencatatan yang diterapkan dalam proses produksi, penerapan ketertelusuran (traceability) produk yang dilakukan, mengetahui kelebihan serta kekurangan dari setiap sistem traceability yang dijalankan, dan mengetahui tingkat kemamputelusuran dalam rantai proses produksi yang dijalankan di PT. Sarana Tani Pratama. Metodologi yang diterapkan yakni dengan melakukan observasi dan praktik lapang, wawancara dengan pihak terkait, studi literatur, serta dokumentasi dan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pencatatan yang diterapkan masih menggunakan paper based system. Perusahaan telah mampu menerapkan sistem pencatatan dan ketertelusuran (traceability) produk baik dengan sistem maju maupun mundur. Namun, ketertelusuran produk terhenti pada proses penyimpanan sementara dan asal-usul ikan belum dapat teridentifikasi dengan pasti. Penerapan traceability dalam kedua sistem tersebut harus dapat dijalankan karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dimana apabila keduanya berhasil dijalankan, maka akan dapat saling melengkapi dan semakin memperkuat Perusahaan dalam melakukan penelusuran produk dalam rantai proses produksinya, sehingga dapat dihasilkan produk yang aman dan berkualitas sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHariono, BudiNIDN0019056605
Uncontrolled Keywords: Traceability, Keamanan Pangan, Quality Assurance
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: Jihan Nisrinah Berliana
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:46
Last Modified: 22 Mar 2024 07:47
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31031

Actions (login required)

View Item View Item