Pengaruh Pemberian Smoothie Jambu Biji Merah Kombinasi Pisang Ambon Terhadap Kadar Hemoglobin Remaja Putri Anemia Di Pondok Pesantren Darussalam Banyuwangi

Wulantika, Rafidah (2023) Pengaruh Pemberian Smoothie Jambu Biji Merah Kombinasi Pisang Ambon Terhadap Kadar Hemoglobin Remaja Putri Anemia Di Pondok Pesantren Darussalam Banyuwangi. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (ABSTRACT)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (87kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (100kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (187kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Anemia merupakan kondisi yang digambarkan dengan kadar hemoglobin yang kurang dari 12 g/dl dalam darah. Remaja putri merupakan golongan usia dengan prevalensi anemia tinggi. Prevalensi remaja putri yang mengalami anemia tingkat ringan dan berat di Asia Tenggara sebesar 25-40%. Sementara secara nasional angka kejadian anemia terus meningkat. Pada survey Riskesdas tahun 2013 angka prevalensi anemia sebesar 37,1% yang meningkat menjadi 48,9% pada survey di tahun 2018 (Riskesdas, 2018). Salah satu penyebab anemia pada remaja putri adalah kurang asupan Fe dan vitamin C yang berperan dalam pembentukan hemoglobin. Jambu biji merah dan pisang ambon merupakan salah satu buah-buahan lokal dengan kandungan vitamin C dan Fe yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian smoothie jambu biji merah kombinasi pisang ambon terhadap kadar hemoglobin remaja putri anemia. Penelitian pemberian terapi diet smoothie jambu biji merah kombinasi pisang ambon menggunakan metode penelitian quasy experiment dengan pretest posttest with control group design. Penelitian dilakukan pada 26 remaja putri yang dibagi menjadi dua kelompok selama tujuh hari. Berdasarkan hasil analisis data pretest antar kelompok p-value=0,320>0,05 dan posttest p-value=0,343>0,05. Terdapat perbedaan signifikan pretest posttest kadar hemoglobin pada kelompok perlakuan p-value =0,001<0,05 dan tidak terdapat perbedaan signifikan pretest posttest kadar hemoglobin pada kelompok kontrol p-value=0,194>0,05. Hasil uji selisih tidak terdapat perbedaan kadar selisih Hb pretest posttest kelompok kontrol dan perlakuan p-value 0,777>0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan pemberian smoothie jambu biji merah kombinasi pisang ambon terhadap kadar hemoglobin remaja putri anemia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYuanta, YohanNIDN0028069103
Uncontrolled Keywords: anemia, smoothie, jambu biji merah, pisang ambon.
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Rafidah Wulantika
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:29
Last Modified: 26 Feb 2024 02:29
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30752

Actions (login required)

View Item View Item