Analisis Faktor Penyebab Lamanya Waktu Tunggu Pasien Rawat Jalan di RSPAD Gatot Soebroto

Sanyuti, Adelia Nuranisah (2023) Analisis Faktor Penyebab Lamanya Waktu Tunggu Pasien Rawat Jalan di RSPAD Gatot Soebroto. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (129kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (212kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (84kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penyelenggaraan rekam medis merupakan proses kegiatan yang dimulai pada saat diterimanya pasien di rumah sakit, lalu pencatatan data medis pasien selama mendapatkan pelayanan medis. Oleh karena itu, pelayanan rekam medis yang diberikan kepada pasien harus berkualitas serta sesuai dengan standar pelayanan yang ada untuk menciptakan kepuasan pada pasien terutama dengan waktu tunggu yang singkat (Ulfa, 2017). Waktu tunggu merupakan waktu yang diperlukan mulai dari pasien mendaftar sampai masuk ruang pemeriksaan dokter dan dilayani oleh dokter spesialis (Menkes, 2008). Standar waktu tunggu pasien rawat jalan yaitu ≤ 60 menit. Lama waktu tunggu pasien mencerminkan bagaimana rumah sakit mengelola komponen pelayanan yang disesuaikan dengan situasi dan harapan pasien (Bustani et al., 2015). Rata-rata lama waktu tunggu pasien rawat jalan di RSPAD Gatot Soebroto adalah 73 Menit. Dari hasil observasi terhadap 15 pasien tersebut, dapat dilihat bahwa waktu tunggu tersebut belum sesuai dengan standar pelayanan minimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor penyebab lamanya waktu tunggu pasien rawat jalan di RSPAD Gatot Soebroto menggunakan jenis penelitian kualitatis dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan unsur manajemen 5 M (man, motivation, methode, materials, machine).

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorVestine, VeronikaNIDN198509032019032009
Uncontrolled Keywords: Ruman Sakit, Waktu Tunggu Pasien, Rawat Jalan
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Adelia Nuranisah Sanyuti
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:31
Last Modified: 29 Jan 2024 04:33
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30103

Actions (login required)

View Item View Item