Jannah, Evita (2023) Analisis Usaha Lumpia Pisang Meses Di Desa Merakan Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (146kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (106kB) |
|
Text (Full Text)
D31211397_Laporan Lengakp.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (56kB) |
Abstract
Lumpia Pisang Meses “LUMPISES” merupakan cemilan dengan pisang sebagaibahan dasar utamanya. Pisang yang digunakan pun jenis pisang raja yangmempunyai aroma wangi khas dibandingkan jenis pisang lain. Dengan perpaduanmeses coklat menjadikan lumpia ini bercita rasa manis dan balutan tepung panirdiluar akan memberikan sensasi renyah diluar dan lembut di dalamnya. Tujuandilaksanakannya tugas akhir ini yakni untuk mempelajari bagaimana prosesproduksi Lumpia Pisang Meses, menganalisis kelayakan usaha dan prosespemasarannya. Pelaksanaan kegiatan tugas akhir ini dilaksanakan selama 5 bulanmulai bulan Agustus 2023 sampai bulan Desember 2023 dengan menggunakanmetode produksi yaitu secara praktik langsung. Proses produksi dilakukansebanyak 5 kali,diperoleh hasil dalam satu kali proses produksinya menghasilkan20 kemasan yang dilakukan selama 4 jam dengan 1 orang tenaga kerja. Metodeanalisis yang di gunakan yaitu Break Even Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/CRatio), dan Return On Investment (ROI), didapatkan perhitungan analisis usahauntuk BEP (Produksi) sebanyak 15,61 kemasan dari volume penjualan 20 kemasan,BEP (Harga) sebesar Rp. 9.366,23/kemasan dari harga jual sesungguhnya yaknisebesar Rp. 12.000/kemasan, R/C Ratio 1,28 dan ROI 8,7%. Hasil perhitungananalisis yang telah dilakukan menunjukan bahwa Lumpia Pisang Meses“LUMPISES” ini usaha yang menguntungkan dan layak untuk diusahakan.Pemasaran dilakukan menggunakan saluran pemasaran langsung dan promosidilakukan secara personal selling dan secara online menggunakan iklan di mediasosial seperti instagram, dan whatsapp.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Pemasaran, Lumpia Pisang | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Evita Jannah | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:37 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2024 03:37 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29573 |
Actions (login required)
View Item |