Penggunaan Sodium Tripolyphosphate (STPP) dan Garam Pada Proses Soaking Produk Udang Peeled and Deveined (PND) di PT. Istana Cipta Sembada Banyuwangi

Chairunisa, Amanda Putri (2023) Penggunaan Sodium Tripolyphosphate (STPP) dan Garam Pada Proses Soaking Produk Udang Peeled and Deveined (PND) di PT. Istana Cipta Sembada Banyuwangi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (658kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (787kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (728kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B41200650_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT. Istana Cipta Sembada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pembekuan udang dan gurita. Udang Peeled and deveined (PND) merupakan produk diversifikasi peningkatan nilai tambah/ Value Added Product (VAP) melalui proses soaking dengan penambahan sodium tripolyphosphate (STPP), garam dan turbo. Tujuan kegiatan magang yaitu mengetahui proses produksi pembekuan udang di PT. Istana Cipta Sembada serta mengetahui penggunaan Sodium Tripolyphosphate (STPP) dan garam proses soaking produk udang PND. Metodologi pelaksanaan kegiatan magang di sertai dengan kegiatan observasi yaitu praktek langsung, wawancara yaitu tanya jawab pada staff dan karyawan dan studi literatur yaitu pengumpulan data dari literatur. Proses pembekuan udang Peeled and Deveined (PND) Soaking meliputi penerimaan bahan baku, pencucian 1, pemotongan kepala udang, pencucian 2, sortir size, pengupasan dan pembuangan usus udang, sortir final, soaking, pencucian tahap akhir, pengemasan I (plastik PE print), pembekuan Air Blast Frezer (ABF) pendeteksian logam, pengemasan 2 dan penyimpanan beku. Soaking merupakan salah satu tahap penting pada proses perendaman udang PND yang bertujuan untuk menambah cita rasa dan kekenyalan produk dan menjaga kadar air produk sehingga produk tampak segar serta dapat meningkatkan nilai rendemen produk dan dapat menambah keuntungan perusahaan. Recovery net merupakan parameter yang diamati dengan menggunakan 3 sampel size serta konsentrasi STPP dan Garam yang berbeda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kombinasi konsentrasi STPP, garam dan size terhadapat ketiga perlakuan masih terus mengalami kenaikan. Perlakukan ketiga dengan menggunakan size 71 konsentrasi STPP (4%) dan garam (0,4%, 0,7% dan 1%) sebesar 122,17% telah memenuhi standar kenaikan recovery net di PT Istana Cipta Sembada. Hal ini masih dapat terus dikembangkan dengan memperhatikan pengunaan konsentrasi STPP dan Garam serta faktor lain yang dapat memengaruhi kualitas hasil soaking, oleh karena itu perlu dilakukannya penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan hasil data recovery net yang lebih baik dan optimal.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuryaningsih, WahyuNIDN0015026204
Uncontrolled Keywords: Udang Peeled and Deveined (PND), Sodium Tripolyphosphate (STPP), Proses Soaking, Recovery net.
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: Amanda Putri Chairunisa
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:02
Last Modified: 13 Mar 2024 04:02
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29347

Actions (login required)

View Item View Item