Pengaruh Pemberian Jus Semangka Kombinasi Pepaya Mengkal terhadap Tekanan Darah Sistole dan Diastole pada Perempuan Lansia Penderita Hipertensi Primer

Kusumawati, Risa (2023) Pengaruh Pemberian Jus Semangka Kombinasi Pepaya Mengkal terhadap Tekanan Darah Sistole dan Diastole pada Perempuan Lansia Penderita Hipertensi Primer. Other thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
08. ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (286kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
14. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (311kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (420kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
G42191995_LAPORAN LENGKAP risa-1-87.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hipertensi adalah kondisi di mana hasil pengukuran tekanan darah sistole sebesar ≥140 mmHg, tekanan diastole sebesar ≥90 mmHg, dan atau sedang mengonsumsi obat hipertensi. Upaya untuk menurunkan tekanan darah dapat dilakukan secara non farmakologi yaitu dengan modifikasi gaya hidup. Modifikasi gaya hidup dapat berupa diet tinggi kalium. Kalium banyak terdapat pada buah-buahan seperti semangka dan pepaya mengkal. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh pemberian jus semangka kombinasi pepaya mengkal terhadap tekanan darah sistole dan diastole pada perempuan lansia penderita hipertensi primer. Jenis penelitian Quasy Experiment dengan pendekatan Pretest Posttest Non Equivalent Control Group. Subjek penelitian sebesar 32 orang, umur 55-69 tahun, tidak memiliki komplikasi penyakit lain. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok kontrol diberi air mineral, kelompok perlakuan diberi jus semangka kombinasi papaya mengkal 218 ml. Tekanan darah diukur menggunakan tensimeter manual. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro Wilk, Mann Whitney , Paired t-test, Wilcoxon. Hasil uji data pretest tidak terdapat perbedaan yang signifikan antarkelompok. Hasil uji data posttest terdapat perbedaan yang signifikan tekanan darah sistole antarkelompok, tidak terdapat perbedaan yang signifikan tekanan darah diastole antarkelompok. Hasil uji data pretest posttest tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok kontrol. Hasil uji data pretest posttest terdapat perbedaan tekanan darah sistole pada kelompok perlakuan Hasil uji data pretest posttest tidak terdapat perbedaan tekanan darah diastole pada kelompok perlakuan. Hasil uji selisih tidak terdapat perbedaan tekanan darah sistole dan diastole pretest posttest kelompok kontrol dan perlakuan. Pemberian jus semangka kombinasi pepaya mengkal tidak berpengaruh terhadap tekanan darah sistole dan diastole pada perempuan lansia penderita hipertensi primer.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRatri, Putri RahayuNIDN0024108502
Uncontrolled Keywords: Hipertensi Primer, Jus Semangka Kombinasi Pepaya Mengkal, Lansia Perempuan
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Risa Kusumawati
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:03
Last Modified: 16 Nov 2023 02:03
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28727

Actions (login required)

View Item View Item