Wirausaha Selai Tape Pisang “Creamfill Banana” Di Kelurahan Bintoro Kecamatan Patrang Kabupaten Jember

Ramadani, Moh. Tauhid (2020) Wirausaha Selai Tape Pisang “Creamfill Banana” Di Kelurahan Bintoro Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
07. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (49kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
14. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (58kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (64kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31172052_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tugas Akhir ini telah dilaksanakan selama 5 bulan yaitu mulai tanggal 1 Februari sampai dengan 30 Juni 2020, di Kelurahan Bintoro Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Tujuan Tugas Akhir ini untuk mengetahui proses produksi, tingkat kelayakan usaha, dan sistem pemasaran yang digunakan. Usaha ini menggunakan metode praktik langsung mulai dari proses produksi hingga pemasaran yang menggunakan Strategy STP dan bauran pemasaran 4P, untuk analisis kelayakan usaha menggunakan metode BEP, R/C Ratio, dan ROI. Produksi Selai Tape Pisang dilakukan sebanyak 5 kali, dimana setiap proses produksi menggunakan 1 tenaga kerja produksi hingga pemasaran yang membutuhkan waktu selama 8 jam HOK, setiap proses produksi menghasilkan 15 kemasan botol. Analisis kelayakan usaha diperoleh hasil BEP (produksi) sebanyak 10 botol dari total produksi 15 botol, BEP (harga) sebesar Rp. 9.000 dari harga jual sebesar Rp. 13.000, R/C Ratio sebesar 1,49 dan ROI sebesar 8,47 %, sehingga usaha ini mendapatkan keuntungan dan layak untuk diusahakan. Pemasaran produk Selai Tape Pisang dengan harga jual Rp. 13.000 menggunakan saluran pemasaran tidak langsung dengan memanfaatkan pengecer (toko) sebagai agen penjualan, market place, seperti: Shopee, Go Food dan Grab Food sebagai media penjualan, dan media sosial Instagram dan WhatsApp sebagai media promosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWiyono, Luluk CahyoNIDN0027067907
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:50
Last Modified: 22 Aug 2023 04:50
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/28222

Actions (login required)

View Item View Item