Analisis Usaha Kong Singkong di Desa Kalisat Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember

Hasanah, Jihan Farhatul (2023) Analisis Usaha Kong Singkong di Desa Kalisat Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan TA Sipora_Jihan Farhatul Hasanah_D31200193_MNA20.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kong Singkong merupakan branding usaha atau nama usaha yang ditetapkan sebagai identitas dalam sebuah usaha agar dikenal banyak masyarakat. Pada usaha Kong Singkong ini memiliki branding product yaitu Singkong Manis “SingMa” yang merupakan produk pertama pada usaha Kong Singkong dan juga salah satu produk baru di Kabupaten Jember, tepatnya di Desa Kalisat. Singkong Manis “SingMa” merupakan singkong goreng yang disirami dip glaze yang bertekstur seperti cream sedikit cair dengan berbagai rasa yaitu chocolate, tiramisu, green tea, strawberry, blueberry, dan mango. Kemudian ditaburi beberapa topping diatasnya yaitu parutan keju, bubuk oreo, bubuk milo, dan choco chip. Tekstur Singkong Manis “SingMa” yang membedakan dengan singkong goreng lainnya yaitu ditandai dengan rasa yang gurih, bentuk singkong yang lebih mengembang dan lembut di dalam. Tujuan tugas akhir ini yaitu melakukan proses produksi Singkong Manis “SingMa”, menganalisis kelayakan usaha Kong Singkong, dan memasarkan produk Singkong Manis “SingMa”. Pelaksanaan Tugas Akhir ini dilaksanakan di Desa Kalisat Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember pada 01 September hingga 31 Desember. Tugas akhir ini menggunakan satu saluran pemasaran yaitu secara langsung kepada konsumen. Metode analisis yang digunakan yaitu BEP, R/C Ratio, ROI, dan PI. Perhitungan analisis usaha yang telah dilakukan diperoleh hasil BEP (Produksi) sebanyak 43,0609 kemasan dengan jumlah produksi 50 kemasan, BEP (Harga) sebesar Rp. 10.765,23 /kemasan dengan harga jual produk Rp. 12.500 /kemasan, R/C Ratio sebesar 1,16 dan ROI sebesar 0,50% serta PI sebesar 3,64 dari perhitungan yang telah dilakukan. Usaha Kong Singkong menguntungkan dan layak untuk dijadikan usaha. Bauran pemasaran yang digunakan yaitu bauran pemasaran STP (segmentation, targeting, positioning) dan 4P (product, price, place, promotion). Kata kunci: Kong Singkong, Singkong Manis, Analisis Usaha, Pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWiyono, Luluk CahyoNIDN0027067907
Uncontrolled Keywords: Kong Singkong, Singkong Manis, Analisis Usaha, Pemasaran
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: JIHAN FARHATUL HASANAH
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:51
Last Modified: 28 Jul 2023 07:53
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26805

Actions (login required)

View Item View Item