Lestari, Wahyu Puji (2023) Analisis SWOT Produk Frozen Sweet Corn Kernel Di PT Mitratani Dua Tujuh Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
D31200554 Wahyu Puji Lestari-Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (200kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
D31200554 Wahyu Puji Lestari-Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (96kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
D31200554 Wahyu Puji Lestari-Laporan Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
D31200554 Wahyu Puji Lestari-Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (81kB) |
Abstract
PT Mitratani Dua Tujuh merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang agroindustri sayuran beku dengan komoditas utama kedelai Jepang atau edamame. Namun, saat ini perusahaan sudah berkembang sehingga juga memproduksi komoditas lain, seperti memproduksi okura, buncis, sweet potato (ubi jalar), dan jusme (minuman sari edamame). Frozen sweet corn kernel atau jagung pipil beku merupakan salah satu contoh hasil pengembangan produk yang sedang dilakukan oeh PT Mitratani Dua Tujuh. Produk jagung pipil ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen baik lokal maupun internasional. Hal ini dikarenakan produk jagung yang dihasilkan adalah jagung pipil siap konsumsi, sudah tanpa kulit dan juga sudah dalam bentuk pipilan, sehingga sangat memudahkan konsumen untuk langsung mengonsumsinya atau juga dapat mengolahnya menjadi berbagai macam olahan. Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan pada produk frozen sweet corn kernel dapat diketahui kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan juga ancaman (threats) yang terjadi. Kekuatan (strengths) yang dimiliki antara lain sudah dikenal masyarakat luas, produk berkualitas, pengadaan bahan baku mudah, daya simpan lebih lama, dan juga lebih mudah dan praktis, sedangkan kelemahan (weakness) yang dimiliki yaitu produk mudah rusak jika tidak disimpan dengan baik dan benar, belum memiliki sertifikasi halal ataupun yang lainnya, serta bahan baku yang bersifat musiman. Selain itu, jarang ditemui di pasaran, target pasar luas, dan juga perkembangan teknologi menjadikan produk ini memiliki peluang (opportunities) yang sangat besar dalam pengembangannya. Adapun ancaman (threats) yang dimiliki yaitu harga bahan baku tidak stabil, persaingan terhadap produk sejenis, dan juga adanya perubahan selera konsumen.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Sweet Corn, SWOT | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL | ||||||
Depositing User: | Wahyu Puji Lestari | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2023 04:14 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2023 04:14 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25621 |
Actions (login required)
View Item |