Amalia, Fara Datul (2023) Analisis Usaha Rempeyek Bulat “Gen Z” Di Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstract)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (223kB) |
|
Text (Bab 1 Penduluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (168kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (223kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
laporan lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Rempeyek merupakan makanan ringan yang dapat dinikmati secara langsung dan dapat disajikan sebagai teman makan. Rempeyek mempunyai tekstur yang renyah dan gurih. Rempeyek banyak diminati oleh masyarakat tetapi masih belum menyentuh tren makanan yang disukai oleh generasi Z. Oleh karena itu, perlu pengembangan produk rempeyek baik dari kemasan, isian maupun bentuknya agar dapat disukai oleh kalangan generasi Z. Tujuan dari pelaksanaan tugas akhir ini untuk melaksanakan proses produksi, analisis usaha, dan bauran pemasaran dari produk rempeyek. Proses produksi yang dilakukan pada pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan sebanyak lima kali dengan menggunakan satu tenaga kerja. Dalam satu kali proses produksi menghasilkan sebanyak 20 kemasan dengan berat 150 gram/kemasan dan harga jual sebesar Rp 14.000/kemasan. Metode analisis usaha yang digunakan pada usaha rempeyek bulat “Gen Z” yaitu Break Event Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ration), dan Return On Investment (ROI). Dari hasil analisis tersebut diperoleh BEP Produksi sebanyak 12,51 kemasan dari total produksi sebanyak 20 kemasan dan BEP Harga sebesar Rp 8.763,3/ kemasan dari harga jual Rp 14.000/kemasan. Nilai R/C Ratio 1,59 dan ROI sebesar 10,22%. Dari perhitungan analisis usaha tersebut usaha Rempeyek Bulat “Gen Z” menguntungkan dan layak diusahakan. Pemasaran produk Rempeyek Bulat “Gen Z” menggunakan 4P yaitu Product, Price, Place, Promotion. Kata Kunci: Rempeyek, Analisis Usaha, Bauran Pemasaran
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Rempeyek, Analisis Usaha, Bauran Pemasaran | ||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Fara Datul Amalia | ||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2023 07:34 | ||||||
Last Modified: | 14 Jul 2023 07:38 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24963 |
Actions (login required)
View Item |