Pengaruh Pemberian Nira Siwalan (Borassus flabellifer.L) Terhadap VO2 Maks dan Denyut Nadi Pemulihan Pada Siswa SSB Putra Satria Kabupaten Tuban

Rahmawati, Devi Sinta (2023) Pengaruh Pemberian Nira Siwalan (Borassus flabellifer.L) Terhadap VO2 Maks dan Denyut Nadi Pemulihan Pada Siswa SSB Putra Satria Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (28kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (110kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (187kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy

Abstract

Atlet sepak bola sering mengalami penurunan daya tahan dan stamina. Secara kuantitatif, daya tahan dapat diukur melalui kardiorespirasi saat latihan. Daya tahan kardiorespirasi dapat diukur melalui VO2 maks dan denyut nadi. Untuk menstabilkan denyut nadi dan VO2 maks dibutuhkan cairan rehidrasi yang mengandung glukosa dan elektrolit. Nira siwalan merupakan minuman alami yang memiliki kandungan glukosa, kalium dan natrium. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh pemberian nira siwalan (Borassus flabelliefer.L) terhadap VO2 maks dan denyut nadi pada siswa SSB Putra Satria. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental dengan rancangan Pretest�Posttest With Control Group. Subjekpenelitian adalah 34 siswa SSB Putra Satria usia 12-15 tahun yang memenuhi kriteria inklusi dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Kelompok kontrol diberikan air mineral sedangkan kelompok perlakuan diberikan air nira siwalan 500 ml sebelum latihan. Pengukuran VO2 maks menggunakan MFT (Multistage Fitness Test) dan denyut nadi menggunakan teknik palpasi. Berdasarkan uji Mann whitney terdapat perbedaan signifikan antara nilai VO2 maks pada kelompok kontrol dan perlakuan setelah intervensi (p=0.001). Berdasarkan uji Independen t test terdapat perbedaan signifikan antara denyut nadi pada kelompok kontrol dan perlakuan setelah intervensi (p=0.006). Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh pemberian nira siwalan terhadap nilai VO2 maks dan denyut nadi pada siswa SSB Putra Satria.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRatri, Putri RahayuNIDN0024108502
Uncontrolled Keywords: Nira siwalan,daya tahan, VO2 maks, denyut nadi pemulihan, natrium, kalium, glukosa
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Devi Sinta Rahmawati
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:59
Last Modified: 10 Jul 2023 10:00
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24638

Actions (login required)

View Item View Item