Optimalisasi Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tumbuh Kembang Balita di PAUD Belimbing Desa Jatiroto Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang

Ratri, Putri Rahayu and Vestine, Veronika and Puspita, Surya Dewi and Jannah, Miftahul and Sabran, Sabran (2022) Optimalisasi Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tumbuh Kembang Balita di PAUD Belimbing Desa Jatiroto Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang. PEKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1). pp. 13-18.

[img] Text (Hasil Cek Similarity)
Optimalisasi Peran Pola Asuh Orang Tua (Jurnal PEKAT).pdf - Supplemental Material

Download (2MB)

Abstract

Sekitar 1-3 % anak usia 0-5 tahun di dunia mengalami Developmental delay. Banyak faktor yang dapat menghambat perkembangan motorik anak, antara lain gangguan persyarafan, gangguan vestibularis atau keseimbangan, dan gangguan sensoris. Selain faktor internal dari dalam tubuh, tumbuh kembang anak juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan (sosial). Pola asuh orang tua merupakan hal yang krusial dalam pencapaian tumbuh kembang normal sang anak. PAUD Belimbing merupakan salah satu tempat pendidikan anak usia dini yang terletak di desa Jatiroto, Lumajang, Jawa Timur. Kegiatan deteksi tumbuh kembang anak usia dini belum pernah dilakukan di PAUD Belimbing. Selain itu, pemahaman orang tau terhadap tumbuh kembang anak masih kurang. Pengabdian ini memiliki strategi mengoptimalisasi peran orang tua dalam mendukung keberhasilan tumbuh kembang yang maksimal dari setiap anak khususnya siswa-siswi PAUD Belimbing di desa Jatiroto, Lumajang, Jawa Timur. Tujuan dari kegiatan optimalisasi ini diharapkan adanya peningkatan pengetahuan serta keterampilan orang tua terhadap tumbuh kembang balita. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini meliputi penyuluhan dengan media KIE (presentasi dan pemberian modul), praktek penilaian tumbuh kembang anak, diskusi, dan evaluasi. Hasil akhir evaluasi yang didapatkan dari penyuluhan dan praktik yaitu adanya peningkatan pengetahuan yang baik terhadap tumbuh kembang balita. Diharapkan orang tua mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari dan menyebarluaskan ilmu tersebut kepada teman, saudara, dan masyarakat sekitarnya.

Item Type: Article
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Publikasi
Depositing User: Miftahul Jannah
Date Deposited: 01 Jun 2023 06:20
Last Modified: 01 Jun 2023 06:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23718

Actions (login required)

View Item View Item