Pengaruh Media Flipchart Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Pola Makan Pada Paien Hipertensi di Puskesmas Kaliwates Kabupaten Jember

Janna, Tria ainun (2023) Pengaruh Media Flipchart Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Pola Makan Pada Paien Hipertensi di Puskesmas Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (82kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (172kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (233kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap Rev....pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hipertensi merupakan suatu kondisi yang dapat terjadi pada seseorang yang mengalami peningkatan tekanan sistolik serta diastolik yang melebihi batas wajar tekanan dengan tekanan sistolik diatas 140 mmHg serta diastolik diatas 90 mmHg. Hipertensi terjadi karena beberapa faktor seperti faktor tingkat pengetahuan dan pola makan. Pengetahuan seseorang dapat ditingkatkan melalui pendidikan. Flipchart merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk pendidikan. Flipchart atau lembar balik Merupakan alat peraga atau media yang menyerupai kalender balik bergambar. Intervensi menggunakan media flipchart diketahui efektif untuk meningkatkan pengetahuan seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media flipchart terhadap pengetahuan dan pola makan pada pasien hipertensi di Puskesmas Kaliwates Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metode pre-experimental dengan rancangan one grup pre teset post test design. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2022. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 37 responden. Instrumen pada penelitian ini menggunakan FFQ (Formulir Food Frequency Questioner) dan Kuisioner pengetahuan. Uji statistik yang digunakan adalah uji wilcoxon. Dari hasil uji wilcoxon terdapat pengaruh antara media flipchart terhadap tingkat pengetahuan responden dengan nilai dan tidak terdapat pengaruh antara media flipchart terhadap pola makan responden.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDWidyawati, AgathaNIDN0321038901
Uncontrolled Keywords: Flipchart, Hipertensi, Pengetahuan, Pola makan.
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Tria Ainun Janna
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:38
Last Modified: 17 Apr 2023 01:39
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22433

Actions (login required)

View Item View Item