Pengaruh Penambahan Tepung Biji Durian (Durio Zibethinus Murr) Terhadap Karakteristik Fisik, Kimia, Dan Organoleptik Kerupuk Biji Durian

Usainah, Usainah (2019) Pengaruh Penambahan Tepung Biji Durian (Durio Zibethinus Murr) Terhadap Karakteristik Fisik, Kimia, Dan Organoleptik Kerupuk Biji Durian. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (93kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (278kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
20_B32160850_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Durian merupakan salah satu buah yang sangat digemari masyarakat Indonesia, sehingga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Buah durian yang biasanya di konsumsi adalah dagingnya sedangkan kulit dan biji durian menjadi limbah. Kerupuk merupakan suatu produk pangan yang sangat digemari masyarakat sebagai makanan ringan. Bahan dasar pembuatan kerupuk yaitu tepung tapioka dan tepung biji durian karena mengandung pati yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung biji durian terhadap sifat fisik kimia dan organoleptik, serta mencari jumlah konsentrasi penambahan tepung biji durian yang optimum dalam pembuatan kerupuk biji durian. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2019 sampai bulan Juni 2019 di Laboratorium Pengolahan Pangan dan Laboratorium Analisis Politeknik Negeri jember. Penelitian ini menggunakan RAL non faktorial dan analisa sidik ragam (ANOVA), dan apabila hasil menunjukkan berbeda nyata akan di uji lanjut menggunakan uji DMRT (Duncan multiple range test) dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung biji durian memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,05) terhadap kadar air, kadar abu, protein, intensitas warna merah (a), intensitas warna kuning (b), hedonik warna dan aroma, serta tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap intensitas kecerahan (L), higrokopositas, tekstur, daya kembang, hedonik tekstur dan rasa. Konsentrasi penambahan tepung biji durian optimum dalam pembuatan kerupuk biji durian terdapat pada perlakuan D3 yaitu penambahan tepung biji durian 10%, dengan karakteristik kimia kadar air 3,45%, kadar abu 1,31%, dan kadar protein 2,73%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWahyono, AgungNIDN197312291998031001
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 165 - Teknologi Pangan dan Gizi
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:17
Last Modified: 29 Mar 2023 02:17
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21406

Actions (login required)

View Item View Item