Upaya Mengatasi Kerusakan Pada Roda Bogie TB-398 di PT. Kereta Api Indonesia (persero) Depo Kereta Ketapang Daop 9 Jember

Septiani, Putri Cindi Upaya Mengatasi Kerusakan Pada Roda Bogie TB-398 di PT. Kereta Api Indonesia (persero) Depo Kereta Ketapang Daop 9 Jember. Project Report. POLITEKNIK NEGERI JEMBER. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (211kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (341kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (325kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) adalah kegiatan mahasiswa untuk belajar secara langsung di perusahaan atau industri lainya, yang diharapkan dapat menjadi tempat pengembangan keterampilan dan keahlian pada diri mahasiswa. Kegiatan Praktik Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Depo Kereta Ketapang Daop 9 Jember selama 4 bulan, mulai dari bulan Agustus sampai dengan bulan Desember 2022. Tujuan dari Praktik Kerja Lapang ini adalah untuk mempelajari dan mempraktikkan bagaimana cara perawatan Bogie kereta TB-398. Pada Depo Kereta Ketapang Daop 9 Jember sendiri, terdapat program perawatan bulanan Kereta yang diadakan secara rutin. Mulai dari perawatan satu bulanan hingga dua belas bulanan. Kemudian kepala ruas pemeliharaan membagikan Check sheet ke setiap bagian pengawas devisi. Bogie TB-398 merupakan bogie yang paling banyak dipakai di Kereta Api Indonesia. Proses pemeliharaan bogie dilakukan untuk mendapatkan kembali perangkat bogie dan alat perangkai yang baik agar tetap bisa menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna kereta api indonesia.Salah satu dari beberapa jenis Bogie yang telah dimilki oleh PT Kereta Api (Persero) dan bogie TB-398 ini merupakan pengembangan dari Bogie NT-11 (K5) Dan Bogie NT 60 (K8). Bogie TB-398 dengan catridge bearing memiliki rangka (frame) dengan konstruksi las. Pentingnya menjaga kondisi dari komponen perangkat roda dengan cara kerja, pemeriksaan, pengawasan, pemeliharaan, serta Pencegahan alat sangatlah penting, serta hal ini terjadi karena rendahnya kesadaran yang dimiliki oleh antara sesama personil lapangan yang kurang memperhatikan jadwal cara kerja, pemeriksaan, pengawasan, pemeliharaan, serta pencegahan perangkat roda yang ada.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuranto, Dwi DjokoNIDN23066107
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Putri Cindi Septiani
Date Deposited: 15 May 2023 01:17
Last Modified: 15 May 2023 01:18
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20781

Actions (login required)

View Item View Item