Optimalisasi Penerapan K3 Dalam Proses Sandblasting pada Kapal Niki Barokah Di PT Pal Indonesia

Devlin, Ivanzah Aguilira Optimalisasi Penerapan K3 Dalam Proses Sandblasting pada Kapal Niki Barokah Di PT Pal Indonesia. Project Report. POLITEKNIK NEGERI JEMBER. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan ivan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (384kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (431kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
dafpus.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (314kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
SEMUA TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Magang adalah kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa Politeknik Negeri Jember, khususnya Program Studi Mesin Otomotif Jurusan Teknik, dalam kegiatan ini mahasiswa mempraktikkan langsung ilmu yang telah diperoleh di kampus secara langsung pada perusahan/ industri/ instansi dan/atau unit bisnis lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan bekal nyata dunia kerja sehingga mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan dan keahlian dalam dirinya. Kegiatan magang dilaksanakan di PT PAL INDONESIA (Persero) selama 4 bulan, mulai 1 September sampai dengan 31 Desember 2022. Salah satu pengalaman yang didapat salah satunya adalah bagaimana proses sandblasting untuk menghilangkan korosi pada lambung kapal. Namun dalam pengerjaan sandblasting terdapat bahaya yang mengintai para pekerja, seperti bahaya debu, kebisingan, dan jatuh dari ketinggian. Oleh karena itu melihat kondisi dari pekerja pada PT PAL Indonesia, cara yang optimal untuk mengurangi risiko bahaya adalah dengan pelengkapan APD seperti body harness, earplug, dan APD sandblasting. Selain pelengkapan juga dilakukan proses pemeriksaan dan penggantian APD secara berkala. Walaupun pelengkapan APD dan pemeriksaan serta penggantian APD secara berkala memakan biaya yang cukup besar namun dengan melakukan hal ini diharapkan para pekerja dapat terlindungi dari risiko bahaya yang mengintai para pekerja.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTyagita, Dicky AdiNIDN0022068905
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 352 - Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Kesehatan Kerja; Hiperkes)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Ivanzah Aguilira Devlin
Date Deposited: 14 Mar 2023 00:58
Last Modified: 14 Mar 2023 00:59
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20575

Actions (login required)

View Item View Item