Perancangan Sistem Informasi Manajemen dan Operasional (SI-MOP) Data Order Pasang Layanan Baru PT. Telkom Indonesia Wilayah Jember

Amalia, Amalia (2023) Perancangan Sistem Informasi Manajemen dan Operasional (SI-MOP) Data Order Pasang Layanan Baru PT. Telkom Indonesia Wilayah Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
04. HALAMAN RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (192kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
09. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (653kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (193kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
E41191090_LAPORAN LENGKAP-1-43.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Magang di PT. Telkom Indonesia wilayah Jember bagian Divisi Finance Payment Collection dan Access Optima, Data dan Maintenance (AMO), mengerjakan Aplikasi Inovasi 3 bernama Sistem Informasi Manajemen dan Operasional (SI-MOP). Perancangan sistem dan implementasi dikarenakan adanya kebutuhan user pada pengelolaan data untuk membantu dalam manajemen serta operasional proses mengelola kabel order pasang baru yang terkendala. Masalah yang terjadi, begitu banyak data yang harus dikelola dengan baik dan cepat setiap harinya sesuai dengan target. Kebutuhan akan sistem yang membantu dalam meminimalisir kesalahan jika terdapat masalah yang terjadi seperti human error, adanya jangkauan masing-masing user yang tugas dinas diluar kota membuat terhambat pengelolaan data, dan kegiatan WFH (Work from Home) yang bisa terjadi setiap saat. Beberapa urgensi yang dihadapi user di atas, terdapat harapan yang besar bagi user agar perancangan sistem dan Implementasi Aplikasi SI-MOP dapat diselesaikan dengan baik. Kebutuhan lain yang harus terpenuhi yaitu agar setiap user terus terkoneksi untuk menyelesaikan tugas dengan terstruktur. User Aplikasi SI-MOP yaitu: AMO, HERO, SDI, Mitra, Aanwijzing Mitra dan Waspang. Hal inilah, yang memunculkan beberapa ide yang termuat dalam analisis sistem dan desain aplikasi dengan model kerja Design Sprint yang telah diuji dan tervalidasi oleh stake holder menghasilkan sebuah solusi bentuk Desain Prototype, Desain UCD dan ERD dengan beberapa fitur dashboard untuk memudahkan melihat seluruh data yang dikelola, fitur data operasional untuk mengatur dan melihat data yang harus tersedia seperti data STO, data Datel, data RO, data Treatment, data Program, data Mitra dan data Vendor. Fitur Data Order dan Fitur Usulan Jaringan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWibowo, Nugroho SetyoNIDN0019057403
Uncontrolled Keywords: PT. Telkom Indonesia, Prototype, Sistem Informasi, dan Website
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > PKL
Depositing User: Amalia Amalia
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:39
Last Modified: 19 Jun 2023 07:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20401

Actions (login required)

View Item View Item