Pengaruh Pemberian Probiotik (Saccharomyces cerevisiae) Pada Ransum Dibandingkan dengan Pakan Komersial BR1 Terhadap Persentase Karkas Lemak Abdominal dan Organ Dalam Ayam Broiler

Prabowo, Hermanto (2019) Pengaruh Pemberian Probiotik (Saccharomyces cerevisiae) Pada Ransum Dibandingkan dengan Pakan Komersial BR1 Terhadap Persentase Karkas Lemak Abdominal dan Organ Dalam Ayam Broiler. Diploma thesis, POLITEKIK NEGERI JEMBER.

[img] Text (Ringkasan)
7. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (156kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
C31160703_HERMANTO PRABOWO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan dalam pemeliharaan broiler salah satunya ditentukan oleh pakan. Pakan mengabiskan kurang lebih 60-70% dari biaya produksi. Dalam mengembangkan usaha broiler umumnya peternak menggunakan pakan komersil yang telah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi broiler. Walapun pakan komersil memiliki harga yang relatif lebih mahal, akan tetapi pakan komersil banyak tersedia di pasaran dan mudah di dapatkan. Pakan komersil umumnya telah ditambahkan imbuhan pakan (feed additive) yang dapat memacu pertumbuhan broiler. Salah satu imbuhan pakan yang digunakan dalam pakan komersil adalah antibiotik. Penggunaan antibiotik sebagai imbuhan pakan dapat meninggalkan residu dalam karkas broiler sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan efek resistensi antibiotik terhadap manusia sebagai konsumen akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga Agustus 2018 yang bertempat di kandang broiler Politeknik Negeri Jember. Ternak yang diuji kan adalah ayam broiler dengan strain cobb 500 sebanyak 80 ekor. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Uji-t (independent t-test) yaitu 2 perlakuan 4 ulangan dan setiap ulangan terdiri 10 ekor dengan jumlah total 8 unit. Perlakuan yang yang dipakai untuk penelitian adalah pemberian pakan BR1 (T1) dan pakan formula probiotik yang mengandung yeast dengan dosis dan konsentrasi 1gram/kg pakan (0,1%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurkholis, NurkholisNIP197801032008121001
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 213 - Nutrisi dan Makanan Ternak
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 218 - Produksi dan Teknologi Pakan Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Sri Supriyatiningsih
Date Deposited: 15 Feb 2023 03:18
Last Modified: 15 Feb 2023 03:19
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/19983

Actions (login required)

View Item View Item