Pengembangan buku saku sebagai media Edukasi perilaku hidup bersih dan Sehat (phbs) di smpn 2 nguling

Wongi, Yanuar Rufiati (2019) Pengembangan buku saku sebagai media Edukasi perilaku hidup bersih dan Sehat (phbs) di smpn 2 nguling. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
08. Abstrack.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (85kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
12. BAB 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (173kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
17. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (201kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
37. Skripsi Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (999kB)

Abstract

Ketersediaan media edukasi yang bervariasi akan meningkatkan pengetahuan yang dimiliki oleh siswa. Kenyataan bahwa di lapangan masih terbatasnya media edukasi yang digunakan oleh siswa SMP khususnya dalam hal Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) disekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku saku sebagai media edukasi PHBS bagi siswa di SMPN 2 Nguling. Penelitian ini merupakan Research and Development yang menggunakan model Dick and Carey. Model Dick and Carey memiliki sepuluh tahapan pengembangan, namun pada penelitian ini peneliti memodifikasi menjadi delapan tahapan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan kuesioner. Angket digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan buku saku. Sedangkan kuesioner digunakan untuk mengetahui tingkat keefektifan buku saku. Proses pengembangan buku saku dilakukan pada bulan Juli sampai September 2018. Penelitian pengembangan ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu, teknik analisis dara deskriptif kualitatif dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator yang akan dijadikan sebagai bahan perbaikan produk yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif yaitu data skor penilaian dari para validator serta skor pengetahuan siswa. Hasil validasi dari ahli materi sebesar 93% dengan kategori sangat layak, dan dari ahli desain sebesar 95% dengan kategori sangat layak. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa buku saku dapat meningkatkan pengetahuan siswa dengan persentase skor pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan buku saku masing-masing 77% dan 86%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku saku sangat layak dan efektif digunakan oleh siswa SMPN 2 Nguling. Kata kunci : buku saku, PHBS, SMPN 2 Nguling

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorEndah, AgustinaNIDN0021087002
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:31
Last Modified: 16 Aug 2022 02:31
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15045

Actions (login required)

View Item View Item