Efektifitas Pemberian Kombinasi Sari Buah Naga Merah Dengan Virgin Coconut Oil Terhadap Kadar Trigliserida Tikus Sprague Dawley Dislipidemia

Magfiroh, Innesa Ainun (2021) Efektifitas Pemberian Kombinasi Sari Buah Naga Merah Dengan Virgin Coconut Oil Terhadap Kadar Trigliserida Tikus Sprague Dawley Dislipidemia. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
8. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (27kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
16. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (81kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
21. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (122kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
G42162063_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy

Abstract

Dislipidemia merupakan kelainan metabolisme profil lipid yang di tandai dengan peningkatan kadar kolesterol total, kadar LDL, kadar trigliserida dan penurunan kadar HDL. Salah satu alternatif yang dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah adalah makanan/minuman yang memiliki kandungan flavonoid yaitu kombinasi sari buah naga merah dengan Virgin Coconut Oil (VCO). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas pemberian kombinasi sari buah naga merah dengan VCO terhadap kadar Trigliserida pada tikusSprague dawley dislipidemia. Penelitian ini menggunakan True Experimental dengan desain Pretest-Posttest with Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 27 ekor tikus yang dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok kontrol negatif diberi diet standart, kelompok kontrol positif diberi pakan tinggi lemak serta PTU sebesar 1,08 ml/hari/200 gram BB selama 28 hari dilanjutkan hingga selesai penelitian, dan kelompok perlakuan diberi pakan tinggi lemak, sebesar 1,08 ml/hari/200 gram BB dan kombinasi sari buah naga merah dengan VCO sebanyak 2 ml/hari/200 gram BB selama 15 hari. Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji one way anova, kruskal wallisdilanjutkan uji Mann Whitneydan Paired T-Test. Hasil menunjukkan terdapat perbedaan kadar trigliserida pretest (p = 0,008) dan tidak terdapat perbedaan kadar trigliserida posttest (p = 0,057). Namun tikus telah dikatan dislipidemia karena kadar LDL telah mengalami peningkatan. Terdapat perbedaan kadar trigliserida pretest dan posttest pada kelompok K(-) (p = 0,002), kelompok K(+) (p = 0,003) dan kelompok P (p = 0,000). Terdapat perbedaan selisih kadar trigliserida sebelum dan sesudah intervensi (p = 0,015). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian minuman sari buah naga merah dengan Virgin Coconut Oil (VCO) belum efektif dalam menurunkan kadar trigliserida tikus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuryana, Arinda LironikaNIDN0017088501
Uncontrolled Keywords: Dislipidemia, Flavonoid, Kadar trigliserida, Kombinasi sari buah naga merah dengan VCO
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Innesa Ainun Magfiroh
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:09
Last Modified: 18 Aug 2022 04:09
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15022

Actions (login required)

View Item View Item