Analisis Usaha Jamur Bonggol “Jonggol Chips” Di Kelurahan Badean Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso

Sutikno, Achmad Dandi (2022) Analisis Usaha Jamur Bonggol “Jonggol Chips” Di Kelurahan Badean Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK LAPORAN TA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (267kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (189kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (389kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jamur Bonggol Chips atau yang bisa kita sebut dengan Jonggol Chips merupakan inovasi makanan ringan yang berbahan dasar jamur bonggol jagung yang memiliki beberapa varian rasa, dengan bentuk yang sangat unik seperti payung yang sedang tertutup ukuran yang mini membuat jonggol Chips terlihat sangat imut serta memiliki kandungan gizi bagi tubuh. Ide pembuatan makanan ringan ini melihat dari lingkungan daerah Bondowoso yang banyak para produsen jamur di daerah satu ini. Produk ini juga cocok dikonsumsi pada saat santai dirumah sebagai teman bersantai, teman mengerjakan tugas serta saat berkumpul dengan keluarga. Tujuan pembuatan laporan akhir ini yaitu dapat mengetahui proses produksi, mengetahui analisis usaha dan mengetahui proses pemasaran Jonggol Chips di Kelurahan Badean Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso. Strategi pemasaran yang digunakan untuk produk Jonggol Chips menerapkan prinsip 4P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Promotion (Promosi) dan Place (Saluran Pemasaran). Metode yang digunakan dalam menganalisis usaha Jonggol Chips ini yaitu analisis BEP yang terbagi menjadi dua metode BEP (BEP Unit dan BEP Harga), R/C Ratio dan ROI. Hasil dari perhitungan ketiga metode analisis tersebut diperoleh BEP (Produksi) 31,410 kemasan dari volume penjualan sebesar 40 kemasan dalam satu kali produksi, BEP (Harga) Rp. 9.423 dari harga jual perkemasan yaitu Rp.12.000. R/C Ratio 1,27 dan ROI 5,2%. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut usaha Jonggol Chips ini layak untuk diusahakan. Kata Kunci : Analisis Usaha, Jamur, Bonggol Chips,

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWiyono, Luluk CahyoNIDN0027067907
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Jamur, Bonggol Chips,
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Achmad Dandi Sutikno
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:24
Last Modified: 15 Aug 2022 07:25
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14927

Actions (login required)

View Item View Item