Laporan Praktik Kerja Lapang Manajemen Asuhan Gizi Klinik Pada Pasien Diagnosa Medis Apendisitis di Ruang VIP Rumah Sakit Jember Klinik Kabupaten Jember

Wahida, Puja Nur (2022) Laporan Praktik Kerja Lapang Manajemen Asuhan Gizi Klinik Pada Pasien Diagnosa Medis Apendisitis di Ruang VIP Rumah Sakit Jember Klinik Kabupaten Jember. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (185kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (189kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan Praktik Kerja Lapang (PKL) ini dilakukan pada tanggal 6 Desember 2021 sampai dengan 18 Januari 2022 di RS Jember Klinik di Jl. Bedadung No.2, Kp. Using, Jember Lor, Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tujuan pelaksaan PKL yaitu untuk mengetahui secara umum asuhan gizi klinik pada pasien di RS Jember Klinik yang kemudian dibandingkan dengan teori selama perkuliahan. Materi yang dianalisis selama pelaksanaan PKL ini meliputi mengidentifikasi kegiatan manajemen asuhan gizi klinik pada pasien hingga monitoring dan evaluasi, perencanaan menu untuk pasien dan konseling gizi atau edukasi gizi kepada pasien. Metode pelaksanaan PKL ini dilakukan dengan menganalisis data sekunder. Berdasarkan hasil analisis selama kegiatan PKL dapat disampaikan bahwa dalam manajemen asuhan gizi klinik pada pasien apendesitis perlu memperhatikan dan memperbaiki asupan gizi yang dikonsumsi. Tahap awal yang perlu diatasi yaitu menormalkan kadar Hb, kadar trombosit, dan kadar lymposit pasien. Kemudian tahap kedua yang perlu diperhatikan yaitu membantu proses penyembuhan luka bekas oprasi dan rasa nyeri yang dirasakan pasien dengan berkolaborasi dengan tenaga medis lainnya. Tahap ketiga membantu pasien dalam memenuhi kebutuhan gizi dan membantu pasien menormalkan status gizi pasien dengan IMT yaitu15,93 kg/m2 merupakan kategori underweight, membantu pasien dengan cara memberikan asupan gizi yang seimbang sesuai kebutuhan pasien sesuai perhitungan yang sudah dilakukan. Memberikan diet sesuai kondisi pasien yaitu diet pasca operasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIqbal, MuhammadNIDN0724018901
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > PKL
Depositing User: Puja Nur Wahida
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:10
Last Modified: 09 Aug 2022 03:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14503

Actions (login required)

View Item View Item