Analisis Usaha Keripik Kentang Ebi di Desa Curah Jeru Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo

Avriani, Demy (2022) Analisis Usaha Keripik Kentang Ebi di Desa Curah Jeru Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (183kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pusataka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (185kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap Demy Avriani_Analisis Usaha Keripik Kentang Ebi di Desa Curah Jeru Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo-1-68.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tugas Akhir yang berjudul Analisis Usaha Keripik Kentang Ebi di Desa Curah Jeru Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo dilaksanakan selama 4 bulan dimulai dari tanggal 21 Februari sampai dengan tanggal 20 Juni 2022 yang bertempatkan di Desa Curah Jeru Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Tujuan dari tugas akhir ini adalah dapat melakukan Proses Produksi, menganalisis usaha, dan dapat memasarkan produk keripik kentang ebi. Kegiatan proses produksi sebanyak 5 kali yang memperkerjakan 1 tenaga kerja selama 7 jam kerja dengan metode pengumpulan data melalui praktik langsung. Dalam sekali produksi dapat menghasilkan 25 kemasan dengan netto 50 gram perkemasan dan harga jual yang ditetapkan sebesar Rp 10.000 per kemasan. Pemasaran produk Keripik Kentang Ebi dijual secara personal selling di Desa Curah Jeru Kecamatan Panji dan Kecataman Situbondo, kegiatan promosi produk dilakukan dengan cara melakukan Periklanan (Advertising) melalui media sosial seperti Whatsapp dan Instagram. Target pasar yang dituju yaitu kalangan ibu rumah tangga, mahasiswa, dan sekolah tingkat SMA. Hasil Analisis Usaha dalam satu kali proses produksi memperoleh BEP (Unit) sebanyak 22,42 kemasan dari total produksi sebanyak 25 kemasan dan BEP (Harga) sebesar Rp 8.967,54 dengan harga jual yang ditetapkan sebesar Rp 10.000 per kemasan, Nilai R/C Ratio sebesar 1,12, dan Nilai ROI sebesar 2,19%. Berdasarkan hasil perhitungan Analisis Usaha tersebut dapat diketahui bahwa usaha Keripik Kentang Ebi mengalami keuntungan dan layak untuk diusahakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWiyono, Luluk CahyoNIDN0027067907
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Keripik Kentang, Ebi
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Demy Avriani
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:00
Last Modified: 08 Aug 2022 02:24
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14330

Actions (login required)

View Item View Item