Sistem Informasi Manajemen Usaha Kopi Blackopi Berbasis Web (Studi Kasus Di Toko Bu Tini Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban)

Siswonugroho, Sovana (2022) Sistem Informasi Manajemen Usaha Kopi Blackopi Berbasis Web (Studi Kasus Di Toko Bu Tini Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (27kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (99kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (149kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full text.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Usaha produksi yang terus berkembang memerlukan manajemen data yang baik agar penyampaian informasi mengenai usaha dan produknya menjadi lebih cepat, akurat dan transparan. Di Tuban, terdapat salah satu UMKM yang memproduksi dan menjual kopi hitam bernama Blackopi yang dikelola oleh Bu Tini dan anaknya. Usahanya kini semakin dikenal dan sudah mempunyai beberapa pelanggan yang ikut memasarkan produknya. Observasi dilakukan dengan mendatangi lokasi usaha dan melakukan wawancara dengan pemilik usaha untuk mengetahui permasalahan apa yang dialami. Dari hasil observasi diperoleh permasalahan bahwa usaha kopi tersebut belum mempunyai sistem informasi yang bisa mengelola data usahanya, seperti data penjualan, stok kopi, dan pelanggan. Hal tersebut tidak hanya menimbulkan masalah bagi pemilik usaha, namun juga pelanggan. Karena kurangnya penyampaian informasi, beberapa pelanggan bahkan harus datang sendiri ke tempat usaha untuk mengetahui stok kopi atau melakukan transaksi. Untuk itu, perlu adanya sistem informasi yang bisa mengelola berbagai data usaha kopi tersebut dengan cepat dan akurat. Nantinya sistem ini dikelola oleh seorang admin. Sistem ini dibuat menggunakan web framework Laravel dan DBMS MySQL. Selain manajemen data, sistem ini juga memiliki API yang terhubung dengan aplikasi Android khusus pelanggan Blackopi. API ini menyediakan data seperti stok kopi dan penjualan, serta memproses login dan register. Perancangan dan pengembangan sistem informasi ini menerapkan model waterfall untuk memastikan sistem yang dibuatsesuai dengan kebutuhan pengguna dan bebas dari bug. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan membantu pengelola usaha Blackopi dalam memanajemen berbagai data penting dalam usahanya, serta dapat menyediakan informasi yang berguna untuk pelanggan dengan cepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidiastuti, IkaNIDN0019087803
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Manajemen Data, Blackopi, API
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Sovana Siswonugroho
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:29
Last Modified: 18 Jul 2022 02:29
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13418

Actions (login required)

View Item View Item