Sanitation Standard Operating Procedure (SSOP) pada Proses Pembekuan Udang Vannamei di PT Grahamakmur Ciptapratama Sidoarjo

Hendrianasari, Nabila Inka Putri (2021) Sanitation Standard Operating Procedure (SSOP) pada Proses Pembekuan Udang Vannamei di PT Grahamakmur Ciptapratama Sidoarjo. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Dastar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
laporan lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan Praktik Kerja Lapang (PKL) dilaksanakan di PT Grahamakmur Ciptapratama, Kabupaten Sidoarjo-Jawa Timur. PT Grahamakmur Ciptapratama merupakan Salah satu industri yang bergerak dalam bidang perikanan khususnya komoditas udang. PT Grahamakmur Ciptapratama sebagai perusahaan yang memproduksi udang beku yang diekspor dengan negara tujuan ekspor yaitu Amerika, Canada, dan Jepang. Jenis udang yang digunakan dalam produksi yaitu udang Vannamei dengan memproduksi berdasarkan spesifikasi yang diminta oleh buyer. Tujuan dari pelaksanaan Praktik Kerja Lapang (PKL) di PT Grahamakmur Ciptapratama adalah untuk mengetahui secara umum kondisi perusahaan dan rinci alur proses produksi udang beku di PT Grahamakmur Ciptapratama. Selain itu juga untuk mengetahui dan mempelajari penerapan prinsip-prinsip SSOP pada proses pembekuan udang di PT Grahamakmur Ciptapratama. Tahapan proses pembekuan udang Vannamei di PT Grahamakmur Ciptapratama meliputi beberapa tahapan yaitu penerimaan bahan baku (raw material receiving), potong kepala, sortasi (grader), kupas, soaking, individual quick frozen (IQF), repacking, cold storage, pendistribusian. Penerapan SSOP (Sanitation Standard Operating Proceduree) terdiri dari 8 kunci meliputi keamanan air dan es, kebersihan alat yang kontak langsung dengan produk, menjaga fasilitas (tempat cuci tangan, sanitasi, dan toilet), pencegahan kontaminasi silang, proteksi dari bahan kontaminan, pelabelan dan penyimpanan, pengawasan kesehatan karyawan, pengendalian hama.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBachri, SyaifulNIDN0025096905
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > PKL
Depositing User: Nabila Inka Putri Hendrianasari
Date Deposited: 21 Mar 2022 08:07
Last Modified: 21 Mar 2022 08:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/11713

Actions (login required)

View Item View Item