Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Pada Menu Ketidaklengkapan Pengisian Catatan Medis Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction di RSUD Dr. Iskak Tulungagung

Agustina, Elda Amalia (2021) Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Pada Menu Ketidaklengkapan Pengisian Catatan Medis Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction di RSUD Dr. Iskak Tulungagung. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (105kB)
[img] Text (BAB 1. Pendahuluan)
2. BAB 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (107kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
3. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
4. G41171433_Laporan_Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Rumah sakit adalah tempat pelayanan yang memberikan pelayanan kesehatan baik preventif maupun kuratif dalam bentuk rawat inap, rawat jalan ataupun rawat darurat. Perawatan yang ada di rumah sakit berfungsi sebagai tempat pendidikan tenaga kesehatan. Rumah sakit memiliki Sistem Informasi Manajemen yang disebut dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit merupakan suatu rangkaian kegiatan yang mencakup semua pelayanan kesehatan di semua tingkatan administrasi yang dapat memberikan informasi kepada pengelola untuk proses manajemen pelayanan kesehatan di rumah sakit. Salah satunya Sistem Informasi Ketidaklengkapan Pengisian Catatan Medis. Adanya sistem informasi di rumah sakit akan sangat membantu dan mempunyai peran yang sangat efektif dalam proses pelayanan kesehatan di rumah sakit. Berdasarkan wawancara dengan Koordinator Ketidaklengkapan Pengisian Catatan Medis di RSUD Dr. Iskak Tulungagung, kendala dalam penerapan Sistem Informasi Ketidaklengkapan Pengisian Catatan Medis adalah fitur-fitur yang masih belum lengkap sehingga perlu adanya penambahan fitur, pemenuhan kebutuhan laporan belum sepenuhnya terpenuhi sehingga masih adanya laporan yang kurang lengkap dan dilakukan secara manual dengan menggunakan microsoft excel, adanya interface yang kurang user friendly hal ini menyebabkan pengguna kesusahan untuk menjalan sistem informasi tersebut, dan terjadinya human error dalam hal ini salah dalam menginputkan data yang menyebabkan data tidak relevan. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi terhadap sistem informasi manajemen rumah sakit pada menu ketidaklengkapan pengisian catatan medis menggunakan metode end user computing satisfaction (EUCS) di RSUD Dr. Iskak Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa pada dimensi content (isi) diperoleh 75,43% untuk hasil kelompok yang memiliki kriteria nilai baik atau puas. Namun, perlu melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap sistem agar pemenuhan kebutuhan laporan dapat terpenuhi, sehingga perlu adanya penambahan entrian data untuk laporan IGD. Dimensi accuracy (keakuratan) diperoleh 74,23%, untuk hasil kelompok yang memiliki kriteria nilai baik atau puas. Namun, pada sistem informasi masih ditemukan adanya ketidakakuratan data seperti data kosong atau tidak lengkap, adanya duplikasi data, dan terjadi error. Oleh karena itu, Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Iskak Tulungagung perlu melakukan pengembangan dan perbaikan terhadap sistem dari segi dimensi accurancy agar data dapat di jamin keakuratannya. Dimensi format (tampilan) diperoleh 76%, untuk hasil kelompok yang memiliki kriteria nilai baik atau puas. Namun, pada infterface analisis dokumen perhari dan analisis dokumen sekali belum sesuai dengan kebutuhan pengguna, hal ini sebaiknya dilakukan perbaikan dan pengembangan sistem agar memudahkan dan sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam menjalankan sistem informasi. Dimensi ease of use (kemudahan pengguna) diperoleh 74,57%, untuk hasil kelompok yang memiliki kritria nilai baik atau puas. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat masalah yaitu salah input data, Hal ini terjadi karena beban kerja per ruangan berbeda. Jika pasien di ruangan tersebut banyak maka yang terjadi adalah beban kerja petugas meningkat. Salah input data juga disebabkan karena petugas tidak fokus, lelah, dan entrian data yang banyak. Maka dengan adanya human error tersebut, Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Iskak Tulungagung perlu melakukan perbaikan dan sosialisasi terhadap pengguna sistem informasi. Dimensi timeliness (ketepatan waktu) diperoleh 73,43%, untuk hasil kelompok yang memiliki kritria nilai baik atau puas. Agar sistem tetap berjalan dengan baik maka perlu adanya pengembangan sistem yang lebih baik lagi agar dapat memberikan informasi secara tepat waktu sesuai kebutuhan pengguna dan semakin cepat keluaran yang dihasilkan maka tingkat kepuasan pengguna akan semakin tinggi. Adapun saran untuk RSUD Dr.Iskak Tulungagung adalah Content (isi) pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Pada Menu Ketidaklengkapan Pengisian Catatan Medis, sebaiknya informasi yang dihasilkan oleh sistem dapat menyediakan laporan-laporan yang dibutuhkan oleh pengguna seperti menambahkan entrian data untuk laporan IGD.. Accurancy (keakuratan) pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Pada Menu Ketidaklengkapan Pengisian Catatan Medis, sebaiknya diberi tanda peringatan ketika data tidak terisi secara lengkap sehingga tidak terjadi ketidaklengkapan pengisian data dan perbaikan agar tidak terjadi error saat menjalankan sistem. Format (tampilan) pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Pada Menu Ketidaklengkapan Pengisian Catatan Medis, sebaiknya dilakukan perbaikan pada item data lengkap, tidak lengkap, dan kosong, menjadi inputan agar memudahkan petugas dan tidak ada form yang terlewat. Perlu adanya penambahan fitur edit data dan warning sistem. Dan pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Pada Menu Ketidaklengkapan Pengisian Catatan Medis, sebaiknya dilaksanakan evaluasi serta pemeliharan sistem secara berkala untuk memantau kinerja dan penggunaan sistem serta pengaruhnya terhadap kegiatan rumah sakit baik 1 bulan sekali maupun 3 bulan sekali.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuflihatin, IndahNIDN0728038301
Uncontrolled Keywords: End User Computing Satisfaction, Evaluasi, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Elda Amalia Agustina
Date Deposited: 20 Oct 2021 19:52
Last Modified: 20 Oct 2021 19:53
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/7410

Actions (login required)

View Item View Item