Rachmawati, Putri (2021) Game Edukasi Pengenalan Profesi Untuk Anak Menggunakan Metode Flashcard Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (87kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (167kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (158kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
E31180369_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan Teknologi IT sebagai alat bantu media ajar pun menjadi daya tarik dalam memotivasi anak-anak untuk mempelajari sesuatu. Khususnya dengan memanfaatkan penerapan teknologi dalam pembelajaran membantu siswa, orang tua dan guru untuk mempermudah dan memperlancar dalam proses belajar mengajar seperti halnya mengenalkan profesi. Memperkenalkan profesi sejak dini perlu adanya inovasi agar anak dapat mengerti apa sebenarnya peranan mereka di kalangan masyarakat. Pemakaian media flashcard merupakan salah satu pembelajaran berupa game dalam proses belajar mengajar yang dapat melatih kemampuan otak kanan untuk menghafal asosiasi antara gambar dan kata-kata. Sehingga, ketika ia melihat kata-kata itu lagi di kemudian hari maka, ia akan mengingat dan dapat mengucapkannya. Permainan edukasi ini dirancang dengan unity game engine menggunakan metode MDLC. Pada game edukasi pengenalan profesi terdapat 2 menu utama yaitu menu pengenalan nama profesi dan menu game. Hasil uji blackbox menunjukkan bahwa game dapat berjalan dengan baik. Pengujian game ini terdiri 10 responden anak yang diminta untuk mengisi kuisioner dengan pendampingan orang tua. Berdasarkan hasil kuisioner menunjukkan game mudah digunakan dan menarik. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa game profesi dengan menerapkan penggunaan metode flashcard dalam sebuah game permainan tebak kata dan permainan tebak gambar dapat menarik minat anak dalam menebak setiap gambar dan kata sehingga dapat melatih kemampuan anak dalam mengingat. Sehingga mereka lebih mengenal lebih jauh konsep yang dikandung dalam setiap bidang dan nama -nama profesi
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi Pengenalan Profesi Untuk Anak Menggunakan Metode Flashcard Berbasis Android | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Putri Rachmawati | ||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2021 08:31 | ||||||
Last Modified: | 12 Aug 2021 08:37 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/6058 |
Actions (login required)
View Item |