Nugraha, Murpy Satriya (2021) Pembuatan Game Visual Novel Edukasi “Let’s Be A Sip College Student” (Sub : Controller) Laporan Akhir. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (112kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (132kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (135kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
E31181496_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pembuatan Game Visual Novel Edukasi “Let’s Be a SIP College Student” (Sub: Controller), Murpy Satriya Nugraha, Tahun 2021, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Ika Widiastuti, S.ST., M.T. (Pembimbing) Kehidupan kampus merupakan masa dimana mahasiswa menempuh masa perkuliahan dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar di perguruan tinggi. Perguruan tinggi merupakan jenjang tertinggi untuk menuntut ilmu dalam pendidikan di Indonesia. Banyak mahasiswa merasa bahwa kehidupan kampus sulit dijalankan dan membosankan. Bahkan sering terjadi mahasiswa salah dalam memilih pergaulan dan merasa salah jurusan termasuk pada jurusan di bidang Teknologi Informasi yang terkenal sulit, sehingga membuat mahasiswa malas dan tidak bisa menjalankan perkuliahan dengan sepenuh hati. Penggunaan game sebagai sarana edukasi merupakan salah satu cara efektif untuk mengedukasi seseorang, oleh karena itu dibuatlah game visual novel “Let’s Be a SIP College Student” sebagai sarana edukasi.Saat memainkan game “Let’s Be a SIP College Student” pemain akan disuguhkan beberapa fitur seperti memasukkan nama, memilih rute, melihat progress cerita, interaksi npc, mencatat materi, hingga mengikuti ujian. Game dapat berjalan pada platform desktop pc, android, maupun web dengan ketentuan jika melalui web harus menyediakan koneksi internet. Game berjalan sesuai dengan yang diinginkan setelah melalui tahap pengujian, tahap pengujian dilakukan dengan pengujian black box dan pegujian langsung oleh 30 sample pemain. Pengujian oleh sample pemain didokumentasikan melalui kuesioner google form. Kemudian hasil dari kuesioner google form tersebut digunakan sebagai acuan data analisis Mc’Calls Quality dengan mempertimbangkan 3(tiga) dari 5(lima) faktor product operation yang menghasilkan correctness sebesar 91.2%, reliability sebesar 90.3% dan usability sebesar 93.3%, hal ini berarti kualitas controller yang dihasilkan sudah benar sesuai fungsinya serta outputnya
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembuatan Game Visual Novel Edukasi “Let’s Be A Sip College Student” (Sub : Controller) | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Murpy Satriya Nugraha | ||||||
Date Deposited: | 06 Aug 2021 14:12 | ||||||
Last Modified: | 06 Aug 2021 14:14 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/5880 |
Actions (login required)
View Item |