Amanda Rizqi, Oktaviana (2025) Kontribusi Tingkat Pelayanan Karyawan PT. Harum Indah Sari Tours & Travel, Provinsi Bali Terhadap Kepuasan Wisatawan Jepang. [Experiment] (Unpublished)
|
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (254kB) |
|
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (202kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (188kB) |
|
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Laporan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman langsung dan kontribusi sistem kerja pada bagian Guest Relationship Officer (GRO) di PT. Harum Indah Sari Tours & Travel terhadap pelayanan wisatawan mancanegara, khususnya wisatawan asal Jepang. Praktik kerja lapang ini dilaksanakan selama lima bulan dengan fokus pada efisiensi operasional dan standar pelayanan prima. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui keterlibatan langsung dalam operasional harian yang berbasis teknologi dan sistem komputerisasi internal. Ruang lingkup pekerjaan meliputi pengawasan layanan selama kunjungan, pemberian informasi jadwal perjalanan, serta pendampingan komunikasi antara wisatawan dengan pihak hotel, restoran, dan transportasi. Selain itu, penulis berperan dalam penanganan keluhan secara cepat dan sopan serta memastikan pemenuhan kebutuhan tamu sesuai standar perusahaan dengan memperhatikan aspek budaya Jepang. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa penggunaan sistem GRO yang terstruktur dan berbasis digital sangat berperan dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Melalui sistem ini, tim dapat bekerja lebih cepat, akurat, dan terorganisir, terutama dalam menangani situasi mendadak seperti perubahan jadwal. Pemahaman budaya yang mendalam dikombinasikan dengan teknologi informasi terbukti mampu menciptakan pengalaman wisata yang berkesan dan meningkatkan kepuasan wisatawan Jepang yang memiliki ekspektasi tinggi terhadap detail dan profesionalisme.
| Item Type: | Experiment | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Karyawan, Guest Relationship Officer (GRO), Wisatawan Jepang, Pariwisata Bali. | ||||||
| Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 532 - Sastra (dan Bahasa) Jepang 580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 610 - Ilmu Sosial > 628 - Manajemen Komunikasi dan Media 580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 620 - Humaniora > 699 - Kepariwisataan |
||||||
| Divisions: | Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D4 Destinasi Pariwisata > PKL | ||||||
| Depositing User: | Amanda Rizqi Oktaviana | ||||||
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 01:55 | ||||||
| Last Modified: | 22 Dec 2025 01:57 | ||||||
| URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/48073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
