Implementasi Peran Front Office Dalam Pelayanan Tamu Di Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta

Alhimni, Wilda Fiska (2025) Implementasi Peran Front Office Dalam Pelayanan Tamu Di Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (112kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (227kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (96kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Politeknik Negeri Jember merupakan perguruan tinggi negeri yang memiliki eksistensi pendidikan vokasional dalam pembelajaran yang bertujuan sebagai penunjang pendidikan karakter dan pengembangan keahlian dibidang terapan bagi mahasiswa. Sama halnya seperti perguruan tinggi yang lain, Politeknik Negeri Jember melatih mahasiswanya dengan tingkat keahlian, keterampilan, serta standar kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja. Sistem pembelajaran yang dilakukan di Politeknik Negeri Jember yakni kegiatan teori dan praktikum. Penulis melaksanakan kegiatan magang di Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta selama 5 bulan, terhitung mulai tanggal 1 Juli 2025 sampai 28 November 2025. Dalam kegiatan ini, penulis ditempatkan di bagian Sekretariat khususnya bagian Front Office. Tugas utama yang dilaksanakan penulis antara lain melayani tamu yang datang ke kantor, memberikan informasi terkait program magang, menginput surat masuk dan keluar, membantu dalam penyusunan dan pengumpulan dokumen administrasi seperti Surat Pertanggungjawaban (SPJ), menyiapkan ruang rapat, juga mengikuti dan berpartisipasi dalam beberapa event. Dalam hal ini penulis sangat berkontribusi aktif dalam keberlangsungan pelayanan tamu Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Selama kegiatan berlangsung, penulis juga menghadapi beberapa kendala, seperti harus melayani banyak tamu seorang diri, meninggalkan meja pelayanan ketika harus memanggil pegawai yang dituju, serta kesulitan dalam mengakses Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang sistemnya belum sepenuhnya ramah pengguna. Namun, kendala-kendala tersebut dapat diatasi melalui koordinasi dengan pegawai lain, peningkatan keterampilan komunikasi, serta usaha untuk selalu menjaga sikap profesional. Melalui kegiatan magang ini, penulis mendapatkan ilmu pengetahuan baru serta berkesempatan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dalam masa perkuliahan di Program Studi Bahasa Inggris Jurusan Bahasa, Komunikasi, dan Pariwisata. Penulis juga mengasah softskill berupa komunikasi kepada orang lain. Selain itu, penulis juga mengasah kemampuan beradaptasi dengan berbagai karakter yang dimiliki orang lain, kedisiplinan dalam pekerjaan, sopan dan santun terhadap pegawai di tempat magang, mengatur waktu dalam pekerjaan, dan sikap tanggung jawab terhadap tugas yang telah diberikan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNingsih, YuslailiNIDN0010047403
Uncontrolled Keywords: Implementasi,Front Office, Pelayanan Tamu
Subjects: 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 510 - Ilmu Sastra (dan Bahasa) Indonesia dan Daerah > 512 - Sastra (dan Bahasa) Indonesia
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D3 Bahasa Inggris > PKL
Depositing User: Wilda Fiska Alhimni
Date Deposited: 19 Dec 2025 08:12
Last Modified: 19 Dec 2025 08:13
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/47930

Actions (login required)

View Item View Item