Perancangan Atmosfer Visual Dan Warna Air Laut Dalam Aplikasi VR Untuk Simulasi Plankton Perairan Indonesia

Maulana, Muhammad Iqbal (2025) Perancangan Atmosfer Visual Dan Warna Air Laut Dalam Aplikasi VR Untuk Simulasi Plankton Perairan Indonesia. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (120kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (366kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (166kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan magang ini dilatarbelakangi oleh minimnya pemahaman dan akses informasi mengenai plankton, padahal organisme mikroskopis ini merupakan produsen utama dalam rantai makanan laut dan penyedia oksigen di perairan. Kurangnya media pembelajaran interaktif, keterbatasan alat observasi, serta kompleksitas bentuk plankton membuat masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa, kurang menyadari pentingnya peran ekologis plankton dalam ekosistem laut Indonesia. Magang ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Virtual Reality (VR) yang berfokus pada atmosfer visual bawah laut dan pewarnaan air laut agar dapat mendukung simulasi plankton yang interaktif dan edukatif. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang menarik dan imersif, meningkatkan kesadaran pelajar mengenai keberagaman plankton, serta mengasah kreativitas melalui pengalaman belajar berbasis teknologi. Selain itu, pelaksanaan magang ini juga memberikan pengalaman berharga bagi penulis dalam pengembangan perangkat lunak edukasi dan kerja kolaboratif di lingkungan riset profesional. Kegiatan magang dilaksanakan secara luring di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bandung, dengan rangkaian aktivitas meliputi orientasi tim, pengenalan lingkungan kerja, kajian literatur, serta pengembangan aplikasi VR secara bertahap. Proses pengembangan dimulai dari perancangan atmosfer visual dan warna air laut di Unity, pembuatan model 3D plankton di Blender, integrasi visual environment dengan interaksi VR, hingga pengujian menggunakan perangkat Meta Quest 2 dan Pico 4 Enterprise untuk memastikan pengalaman pengguna yang optimal. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah aplikasi VR edukasi plankton yang mampu menyajikan suasana bawah laut yang realistis, mendukung proses belajar interaktif, dan mendorong kesadaran akan pentingnya pelestarian ekosistem laut. Kegiatan ini juga memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi imersif dan dapat dijadikan acuan untuk proyek edukasi serupa di masa mendatang.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAtmadji, Ery Setiyawan JullevNIDN0010078903
Uncontrolled Keywords: vr,edukasi,ui,desain,3d,unity,it,software,plankton,data
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 463 - Teknik Perangkat Lunak
660 - Rumpun Ilmu Seni, Desain dan Media > 706 - Desain > 708 - Desain Komunikasi Visual
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 770 - Ilmu MIPA > 775 - Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Sains)
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 786 - Pendidikan Teknik Informatika
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 790 - Ilmu Pendidikan > 798 - Teknologi Pendidikan
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 790 - Ilmu Pendidikan > 802 - Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > PKL
Depositing User: Muhammad Iqbal Maulana
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:40
Last Modified: 29 Aug 2025 07:41
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/46703

Actions (login required)

View Item View Item