Analisis Usaha Manisan Kurma dari Belimbing Wuluh di Desa Kilensari Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo

Dita, Fedora Aurellia Anandita (2025) Analisis Usaha Manisan Kurma dari Belimbing Wuluh di Desa Kilensari Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (139kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (167kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (155kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31221387_LAPORAN TUGAS AKHIR.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Manisan merupakan buah-buahan atau sayuran yang diawetkan dengan menggunakan gula pasir dengan kadar yang tinggi bertujuan untuk memberikan atau menambahkan rasa manis dan mencegah tumbuhnya mikroba perusak, sehingga buahnya dapat bertahan lama dan masih layak untuk dikonsumsi dalam jangka pajang. Manisan belimbing wuluh merupakan manisan yang dibuat dengan mempertahankan bentuk aslinya tanpa melakukan pemotongan pada buah. Pemasaran produk manisan kurma dari belimbing wuluh dilakukan secara langsung kepada konsumen dan menitipkan produk ini pada kantin sekolah, usaha ini dilakukan untuk menciptakan peluang dan memperoleh keuntungan serta untuk mengetahui seberapa besar memberikan manfaat, maka digunakan suatu analisis agar diketahui usaha ini dapat dilanjutkan atau tidak. Berdasarkan analisis perhitungan usaha yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa BEP (Produksi) sebanyak 13,3 menghasilkan 20 unit pada setiap satu kali proses produksi, sedangkan BEP (Harga) menghasilkan nilai Rp 6.666 dari harga jual Rp 10.000, hasil R/C Ratio sebesar 1,50 dan ROI sebesar 0,12% dan laba sebesar Rp 66.607,9 sehingga usaha ini layak untuk dijalankan. Saluran pemasaran yang digunakan yaitu saluran pemasaran langsung dari produsen ke konsumen dan promosi yang digunakan (Personal Selling) dan melalui media sosial Platform WhatsApp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorEdwinsyah, MohammadNIP198808252021031
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Manisan, Belimbing Wuluh
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Fedora Aurellia Anandita
Date Deposited: 28 Aug 2025 01:41
Last Modified: 28 Aug 2025 01:41
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/46661

Actions (login required)

View Item View Item