Analisis Kepuasan Pengguna SIMPUSWANGI di Unit Rawat Inap Puskesmas Gitik Banyuwangi Menggunakan Metode EUCS

Aurellia, Cindy Clara and Asnanto, Channaya Tabitta and Aisyah, Siti Nur (2025) Analisis Kepuasan Pengguna SIMPUSWANGI di Unit Rawat Inap Puskesmas Gitik Banyuwangi Menggunakan Metode EUCS. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (244kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (278kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (243kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Banyuwangi (SIMPUSWANGI) merupakan sistem informasi yang digunakan oleh seluruh Puskesmas di Kabupaten Banyuwangi untuk mengolah dan mengintegrasikan setiap proses pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat di Puskesmas. SIMPUSWANGI telah beroperasi sejak tahun 2015 hingga saat ini, namun dalam penerapannya, SIMPUSWANGI masih menghadapi beberapa kendala, termasuk waktu tunggu untu memuat sistem dan ketersediaan fitur yang belum lengkap. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan SIMPUSWANGI di Puseksmas Gitik Banyuwangi, khususnya pada Unit Rawat Inap untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna berdasarkan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan variabel Isi (Content), Akurasi (Accuracy), Format, Kemudahan Pengguna (Ease of USe), serta Ketepatan Waktu (Timeliness). Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, kuesioner, serta wawancara terhadap petugas pengguna SIMPUSWANGI di Unit Rawat Inap Puskesmas Gitik. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepuasan tertinggi ada dalam variabel format (65%), sementara persentase kepuasan terendah dimiliki oleh variabel ketepatan waktu dengan 43% pengguna merasa puas terhadap waktu tunggu sistem. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi Dinas Kesehatan Banyuwangi untuk meningkatkan kinerja sistem dan kepuasan pengguna SIMPUSWANGI.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSwari, Selvia JuwitaNIDN0021058407
Uncontrolled Keywords: kepuasan Pengguna, End User Satisfaction (EUCS), SIMPUS, SIMPUSWANGI, Puskesmas
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Cindy Clara Aurellia
Date Deposited: 21 Aug 2025 07:56
Last Modified: 25 Aug 2025 01:42
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/46322

Actions (login required)

View Item View Item