Aurellia, Cindy Clara and Asnanto, Channaya Tabitta and Aisyah, Siti Nur (2025) Analisis Kepuasan Pengguna SIMPUSWANGI di Unit Rawat Inap Puskesmas Gitik Banyuwangi Menggunakan Metode EUCS. [Experiment] (Unpublished)
![]() |
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (244kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (278kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (243kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Banyuwangi (SIMPUSWANGI) merupakan sistem informasi yang digunakan oleh seluruh Puskesmas di Kabupaten Banyuwangi untuk mengolah dan mengintegrasikan setiap proses pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat di Puskesmas. SIMPUSWANGI telah beroperasi sejak tahun 2015 hingga saat ini, namun dalam penerapannya, SIMPUSWANGI masih menghadapi beberapa kendala, termasuk waktu tunggu untu memuat sistem dan ketersediaan fitur yang belum lengkap. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan SIMPUSWANGI di Puseksmas Gitik Banyuwangi, khususnya pada Unit Rawat Inap untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna berdasarkan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan variabel Isi (Content), Akurasi (Accuracy), Format, Kemudahan Pengguna (Ease of USe), serta Ketepatan Waktu (Timeliness). Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, kuesioner, serta wawancara terhadap petugas pengguna SIMPUSWANGI di Unit Rawat Inap Puskesmas Gitik. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepuasan tertinggi ada dalam variabel format (65%), sementara persentase kepuasan terendah dimiliki oleh variabel ketepatan waktu dengan 43% pengguna merasa puas terhadap waktu tunggu sistem. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi Dinas Kesehatan Banyuwangi untuk meningkatkan kinerja sistem dan kepuasan pengguna SIMPUSWANGI.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | kepuasan Pengguna, End User Satisfaction (EUCS), SIMPUS, SIMPUSWANGI, Puskesmas | ||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan | ||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL | ||||||
Depositing User: | Cindy Clara Aurellia | ||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 07:56 | ||||||
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:42 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/46322 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |