Putri, Astrid Hidayanti Ananda and Febriansyah, Febriansyah (2025) Personal Branding Sabrina Carpenter: Praktik Femvertising Selebriti Gen Z. Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura, 4 (1). pp. 88-115. ISSN 2830-473X
![]() |
Text (Hasil Similarity 9% Astrid & Febriansyah Personal Branding Sabrina Carpenter)
Cek Similarity 9%_Astrid_Febriansyah_Personal Branding Sabrina Carpenter.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Paper Astrid & Febriansyah Personal Branding Sabrina Carpenter)
Full Paper_Astrid_Febriansyah_Personal Branding Sabrina Carpenter.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Riset ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya penggunaan media sosial oleh selebriti muda dalam membangun personal branding yang merepresentasikan identitas dan pemberdayaan perempuan. Tujuan dari riset ini adalah untuk menganalisis bagaimana personal branding Sabrina Carpenter, seorang selebriti Gen Z yang dapat dikategorikan sebagai bentuk femvertising yang menentang male gaze, sekaligus mencerminkan strategi pemberdayaan perempuan dalam budaya digital. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi visual terhadap unggahan Sabrina Carpenter di Instagram dan Tiktok, khususnya selama periode promosi single “Espresso”,”Please Please Please”, album “Short n’ Sweet”, single “Manchild” hingga saat ini. Teori personal branding dari Rampersad digunakan untuk menganalisis sebelas karakteristik pembentuk keaslian sebuah brand. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sabrina Carpenter secara konsisten membangun citra diri yang autentik, berintegritas, dan khas dengan menampilkan estetika feminin, sensual, namun tetap memberdayakan. Praktik ini mencerminkan bentuk femvertising yang tidak menjadikan tubuh perempuan sebagai objek pasif, melainkan sebagai sarana ekspresi diri dan penguatan identitas. Studi ini berkontribusi pada pengembangan literatur komunikasi, khususnya dalam studi gender dan media digital, dengan menekankan pentingnya sensitivitas terhadap representasi perempuan dalam strategi komunikasi visual. Penelitian ini juga menyarankan agar praktisi komunikasi dan industri kreatif memahami dinamika representasi gender secara lebih kritis dalam membentuk citra publik perempuan di media sosial.
Item Type: | Article | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 610 - Ilmu Sosial > 622 - Ilmu Komunikasi 580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 610 - Ilmu Sosial > 628 - Manajemen Komunikasi dan Media |
|||||||||
Divisions: | Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D4 Produksi Media > Publikasi | |||||||||
Depositing User: | Astrid Hidayanti Ananda Putri | |||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:14 | |||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:14 | |||||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/45715 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |