Yusoff, Moch. Izza Maulana (2025) Analisis Usaha Pembuatan Tempe Di Desa Pontang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (7kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (11kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (123kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tempe adalah produk pangan tradisional Indonesia yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai menggunakan ragi tempe (Rhizopus). Proses fermentasi ini menghasilkan tekstur padat yang khas dengan rasa gurih yang alami. Tujuan dari pelaksanaan tugas akhir ini yaitu: melakukan proses produksi, dapat menghitung analisis usaha pembuatan tempe, dan dapat menerapkan bauran pemasaran produk tempe. Prose Produksi yang pertama pada tanggal 7 Oktober 2024 hingga 4 November 2024 bertempat di Desa Pontang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Jenis pengumpulan data yang digunakan yaitu pengumpulan data primer dan data sekunder. Kegiatan proses produksi dilakukan sebanyak lima kali, setiap satu kali produksi dapat menghasilkan 45 pcs. Metode analisis usaha yang digunakan yaitu BEP (Break Event Point), R/C Ratio (Revenue Cost Ratio) dan ROI (Return On Invesment). Hasil perhitungan yang diperoleh dari ketiga metode analisis tersebut yaitu BEP (produksi) 38,75 pcs dengan produksi sebanyak 45 pcs dan nilai BEP (harga) sebesar Rp 2.152,87,-/pcs dengan harga jual sebesar Rp 2.500,-/pcs. Nilai R/C ratio diperoleh 1,61 dan nilai ROI sebesar 2,18%. Berdasarkan ketiga analisis tersebut maka usaha produk pembuatan tempe layak untuk diusahakan dan menguntungkan. Saluran pemasaran yang digunakan yaitu pemasaran secara langsung serta Jenis promosi yang diterapkan pada produk tempe ini yaitu personal selling atau penjual pribadi dan promosi secara face to face.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Produksi, Tempe | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Moch. Izza Maulana Yusoff | ||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:17 | ||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 08:18 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/44060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |