Analisis Produksi dan Pemasaran Emping Jagung "BANGWAN" dengan Varian Rasa di Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo

Ependi, Rizwan (2025) Analisis Produksi dan Pemasaran Emping Jagung "BANGWAN" dengan Varian Rasa di Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
D31222538_Rizwan Ependi_Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (182kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
D31222538_Rizwan Ependi_Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (247kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
D31222538_Rizwan Ependi_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (207kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31222538_Rizwan Ependi_Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Emping jagung “BANGWAN” adalah makanan ringan yang terbuat dari biji jagung yang diproses dengan cara tertentu hingga berbentuk pipih dengan tekstur renyah. Produk ini memiliki berbagai inovasi rasa seperti jagung bakar, balado, dan jagung manis. Tujuan dari tugas akhir ini adalah dapat melakukan proses produksi, menganalisis kelayakan usaha, dan melakukan pemasaran emping jagung “BANGWAN”. Tugas akhir ini dilakukan selama lima bulan, dimulai tanggal 11 September 2024 hingga 30 Januari 2025. Selama periode tersebut, proses produksi dilakukan sebanyak lima kali dengan setiap produksi membutuhkan waktu 6 jam dan menghasilkan 50 kemasan dengan berat bersih 45 gram per kemasan. Harga jual produk ini sebesar Rp 4.000 per kemasan untuk penjualan pribadi, sedangkan untuk penjualan ke toko adalah Rp 3.500 per kemasan. Tugas akhir ini menggunakan tiga metode analisis usaha, yaitu BEP (Break Even Point), R/C Ratio (Revenue Cost Ratio), dan ROI (Return on Investment). Hasil perhitungan didapatkan BEP (produksi) sebanyak 33 kemasan pada harga Rp 4.000 per kemasan dan 37 kemasan pada harga Rp 3.500 per kemasan. BEP (harga) diperoleh sebesar Rp 2.562,36 per kemasan. R/C Ratio menunjukkan angka 1,42 dan ROI diperoleh sebesar 0,50%. Berdasarkan perhitungan hasil analisis usaha, menunjukkan bahwa usaha ini layak untuk dijalankan dan menguntungkan. Strategi pemasaran menggunakan STP (Segmentation, Targeting, Positioning) dan marketing mix, dengan segmentasi pasar geografis dan target pasar mencakup anak-anak sekolah, remaja, dewasa, dan pecinta makanan ringan. Produk diposisikan sebagai camilan praktis, inovatif, dan harganya terjangkau. Saluran distribusi mencakup distribusi langsung dan tidak langsung, serta promosi melalui personal selling dan digital marketing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWiyono, Luluk CahyoNIDN0027067907
Uncontrolled Keywords: analisis usaha, emping jagung, pemasaran
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 183 - Ekonomi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Rizwan Ependi
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:34
Last Modified: 17 Jul 2025 02:35
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/44032

Actions (login required)

View Item View Item